Resensi Buku “Panglima Bambang Sugeng: Panglima Komando Pertempuran Merebut Ibu Kota Djogja Kembali 1949 dan Seorang Diplomat”

administrators 20 April 2021 10:41:47 60

Buku "Panglima Bambang Sugeng : Panglima Komando Pertempuran Merebut Ibu Kota Djogja Kembali 1949 dan Seorang Diplomat" adalah tulisan biografi yang ditulis oleh Edi Hartoto. Dari keterangan singkat di bagian belakang buku mengenai riwayat penulis, Edi Hartoto tidak memiliki latar belakang keilmuan sejarah atau politik. Rujukan buku yang ditulis dalam daftar pustaka terkesan kering,karena sangat sedikit buku kajian akademis yang digunakan. Lebih banyak menggunakan buku-buku resmi, tulisan yang dihasilkan menjadi militeristik. Selain itu, buku ini terasa subjektif. Hal ini dapat dilihat dari pilihan kata yang "berbunga" dalam menggambarkan keadaan dan tokoh biografi Bambang Sugeng.

Kemudian, buku ini banyak menggunakan dokumen resmi dari AD, yang seharusnya bisa menjadi sumber petikan langsung dalam narasi, sehingga menunjukan cerita dalam buku dan sumber primer yang digunakan memiliki relevansi.

Sebagai sebuah biografi, buku ini disusun secara kronologis, dimulai dari cerita masa kecil Bambang Sugeng hingga karirnya di militer dan politik. Dituliskan dalam buku ini, Bambang Sugeng mempunyai peran penting dalam Serangan Umum 1 Maret 1949.

Panglima Bambang Sugeng adalah penggagas pertama perlawanan propaganda Belanda melalui aksi Serangan Umum berulang kali selama hampir 6 bulan, Januari sampai Juni. Dan Serangan Umum 1 Maret 1949 tentunya tidak lepas dari instruksi rahasia Panglima Bambang Sugeng untuk mengadakan serangan besar-besaran terhadap Ibu kota RI Yogyakarta yang saat itu diduduki pasukan Belanda. Serangan tersebut membuat dampak yang besar terhadap jalannya diplomasi, baik Jakarta-Bangka maupun di Lake Success AS.

Resensi buku

Judul “Panglima Bambang Sugeng: Panglima Komando Pertempuran Merebut  Ibu Kota Djogja Kembali 1949 dan Seorang Diplomat"

Penulis : Edi Hartoto

Penerbit: KOMPAS

Tempat terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Koleksi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call number : 923.5 HAR p

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/

- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.

- Komputer dan Wifi

- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup

- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?