Wisata Budaya "MPLS" di Museum Benteng Vredeburg sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Generasi Bangsa

administrators 18 Juli 2022 14:00:26 154

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta digunakan untuk kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi para pelajar Indonesia khususnya pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat, 12- 15 Juli 2022 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar Yogyakarta mulai dari SD, SMP, SMK, dan SMA. Adapun beberapa sekolah yang mengadakan kegiatan MPLS di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, yaitu SD Negeri Balirejo, SD Muhammadiyah Ngupasan, SD Muhammadiyah Notoprajan, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMP Budya Wacana Yogyakarta, SMP Muhammadiyah Kasihan, SMP PIRI 1 Yogyakarta, SMP Negeri 7 Yogyakarta, SMK Negeri 4 Yogyakarta, SMA Negeri 10 Yogyakarta, dan lain-lain.

Kegiatan MPLS dilaksanakan setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS bertujuan memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya. Kegiatan ini salah satunya dengan wajib kunjung museum sebagai wisata budaya untuk penguatan pendidikan karakter bangsa pada generasi muda bangsa.

Peserta didik akan di pandu oleh pemandu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Pengelola museum: pegawai museum dengan jabatan edukator, pamong budaya museum). Peserta didik di ajak berkeliling Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mulai dari ruang diorama I, II, III, dan IV. Tidak hanya ruang diorama saja, namun mereka akan diajak berkeliling mengelilingi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan tentunya dengan penjelasan secara detail dan mudah untuk dipahami oleh para peserta didik tentang sejarah Bangsa Indonesia dan koleksi-koleksi terkait milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Dari penjelasan yang di dapatkan dari pemandu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, tidak sedikit sekolah memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat laporan tentang kegiatan MPLS dan ilmu yang didapatkan melalui kegiatan MPLS dan dikumpulkan ke masing-masing pendamping.


Penulis  : Vanesa Elfita Kumala

Sekolah  : SMK Negeri 7 Yogyakarta 

Disunting : Ita Ratnasari 







Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?