Vredeburg Selenggarakan Upacara Peringatan Hardiknas, 25 Karyawan Baru Mulai Ikut Bergabung

administrators 03 Mei 2024 16:00:42 79


 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Kamis (2/5/2024) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dengan mengenakan pakaian adat, upacara ini dilaksanakan di lapangan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Bertindak sebagai Pembina upacara, M. Rosyid Ridlo, Penanggungjawab Unit Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

 

Dalam kesempatan tersebut, M. Rosyid Ridlo membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makariem. Mendikbud Ristek menyampaikan tantangan dan kesempatan yang dirasakannya selama memimpin gerakan Merdeka Belajar, demi memajukan pendidikan Indonesia.

 

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan”, ungkap Mendikbudristek sebagaimana dibacakan  Pembina Upacara.

 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pendidikan sempat dihadapkan pada tantangan pandemi yang dampaknya mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Namun pada saat yang sama, pandemi memberikan kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, kemudian menimbulkan daya juang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

 

“Saat ini kita sudah mulai merasakan perubahan wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia melalui Gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendaptkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.” ungkap Pembina Upacara membacakan teks pidato Mendikbud.

 

Dalam kesempatan upacara kali ini, turut serta 25 karyawan baru yang akan menempati beberapa posisi diantaranya, edukator, cleaning service, security, penjaga tiket, kasir, pramuniaga, dan teknisi. Kepada 25 karyawan baru tersebut, Pembina Upacara berharap agar mereka dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, dan memberikan performa kerja yang optimal bagi kemajuan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

 

 

 

Penulis: Lilik Purwanti Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?