Pembinaan Pegawai dan Internalisasi WBBM Bulan Mei 2022

administrators 31 Mei 2022 15:37:35 135


 

Pembinaan pegawai rutin dilaksanakan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, pada kesempatan kali ini dipenghujung Mei seluruh pengelola museum dari PNS hingga petugas kebersihan berkesempatan mendalami pemahaman yang sama terkait kesiapan pencanangan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Gedung G Museum Benteng siang tadi (31/5/2022).

Acara yang berlangsung pagi menjelang siang hingga siang hari dimanfaatkan oleh Kepala Museum, Suharja untuk menyampaikan beberapa oleh-oleh dari kegiatan Asistensi Penyusunan Pagu Indikatif Tahun 2023 dan Persiapan BLU Museum dan Cagar Budaya pada 24-27 Mei lalu yang berlangsung di Hotel Santika Kuta Bali, “Menyambung informasi dari Ditjenbud berkaitan dengan reorganisasi, SDM akan diolah karena ada kantor baru sehingga pemekaran kebutuhan SDM menjadi faktor utama konsentrasi di jabatan. Untuk PNS, akan disesuaikan dengan asesmen dan keahlian masing-masing”.

“Tak hanya penyatuan DIPA, database koleksi juga akan disatukan dengan semua museum menginduk jadi koleksi Museum Nasional. Perubahan pengelolaan Museum Nasional menjadi Badan Layanan Umum (BLU) ditetapkan Kementerian Keuangan dengan nomor penetapan 117/KMK.05/2021 dan diikuti museum-museum lain dibawah Kemendikbudristek yang berlaku mulai Januari 2023”, sambungnya.  

Kembali ditekankan oleh Suharja “Dalam menjalankan tugas UPT berbeda dengan BLU, kedepannya seluruh pekerjaan harus menghasilkan, bukan hanya penghabisan  anggaran. Untuk BLU pada museum lebih banyak ke pelayanan, museum berfungsi untuk pemanfaatan dan pengembangan, dengan lebih ditekankan pada promosi museum, tatakelola BLU, strategi pengelolaan, layanan utama berupa pameran tetap, layanan penunjang dan penguatan lembaga (pariwisata berbasis museum)”.

Disambung dengan acara internalisasi WBBM bagaimana menyatukan visi misi WBBM seluruh pegawai dan upaya dan kesiapan semua lini menuju hal tersebut disampaikan oleh ketua RBI Rosyid Ridlo. Pada sesi kali ini ditutup dengan online kuis sebagai tolok ukur pengetahuan tentang kesiapan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menuju WBBM, dan tentunya kuis ini ada pemenang dengan kriteria penjawab tercepat dan tepat.

Pada sesi terakhir diisi dengan penyerahan SK pensiunan pegawai yaitu Suratum, Dyah Sulistyorini, dan Ngahidin dengan masa kerja 29 tahun, serta Penyerahan penghargaan Satyalancana 10 tahun kepada Mega Mandha Setyawan, Veriyanto Adi Prakoso, dan Darwanto.


 [IR1]



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?