Hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap 3 Layanan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 30 Maret 2022 10:55:03 1493

Pandemi Covid 19 yang belum berakhir hingga saat ini ternyata membawa kebaruan dalam banyak aspek di bidang pendidikan dan kebudayaan. Keterbatasan akibat restriksi yang harus diterapkan ternyata justru menjadi jalan baru untuk menciptakan inovasi dan ide segar. Keterbatasan yang tadinya dianggap sebagai sebuah kendala, kini berubah menjadi peluang menciptakan gagasan baru. 


Begitu pula dengan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang tidak menjadikan pandemi Covid 19 sebagai kendala dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Sejumlah inovasi bermunculan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta selama masa pandemi ini. Kegiatan daring menjadi alternatif yang terus dikembangkan untuk tetap memberikan layanan kepada masyarakat meskipun dalam kondisi pembatasan. Seminar Daring dan Vredeburg Virtual Visit merupakan beberapa program kegiatan yang diciptakan untuk tetap terkoneksi dengan masyarakat dalam kondisi pembatasan akibat pandemi.


Seiring dengan pelonggaran pembatasan yang perlahan diberlakukan, memberi kesempatan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta untuk membuka kembali museum dan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk berkunjung secara luring. Perlahan, layanan kunjungan langsung dibuka dengan berdasar pada SOP layanan kunjungan pada masa pandemi. Membaiknya kondisi pandemi dari waktu ke waktu, membawa dampak baik pada jumlah kunjungan secara langsung. Museum kembali dikunjungi masyarakat dan jumlah kunjungan semakin hari semakin meningkat.


Dalam upaya memberikan layanan langsung yang dapat dinikmati oleh pengunjung, sejak akhir tahun lalu, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berbenah dengan menyajikan wahana baru. Magic Wall di diorama 1, Holorama di diorama 2, dan Digital Relief di diorama 3 adalah beberapa inovasi baru yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang secara langsung ke Museum Benteng Vredeburg.

 

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat, secara berkala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Survei dilakukan terhadap 3 layanan,  yakni Museum Benteng Vredeburg, Seminar Daring, Vredeburg Virtual Visit dan Kunjungan Langsung. Survei dilakukan terhadap 100 responden pada setiap layanan. Seminar Daring dan Vredeburg Virtual Visit menyasar 100 responden daring yang pernah mengikuti kegiatan tersebut. Sementara layanan Kunjungan Langsung menyasar 100 responden pengunjung langsung museum. Survei secara daring diberikan melalui link survei yang dibagikan kepada responden yang sudah dipilih. Sementara survei secara langsung dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada pengunjung. 


Hasil survei menunjukan tingkat layanan museum berdasarkan pada standar nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Dari ketiga layanan yang dilakukan survei kepada masyarakat, hasilnya layanan Kunjungan Langsung memperolah predikat BAIK dengan nilai 85,137. Sementara Vredeburg Virtual Visit dan Seminar Daring memperoleh predikat SANGAT BAIK dengan nilai berturut 89,577 dan 95,904.


Beberapa masukan untuk perbaikan layanan museum diberikan dari responden. Respoden survei Layanan Kunjungan Langsung memberi masukan untuk peningkatan sarana dan prasarana museum. Monitor-monitor yang ada di dalam diorama sebagai penunjang koleksi, diharapkan oleh para responden untuk dilakukan perbaikan dan kontrol berkala agar dapat dinikmati secara maksimal oleh pengunjung. 


Sementara itu responden Vredeburg Virtual Visit dan Seminar Daring memberikan respon baik terhadap kegiatan tersebut. Responden Vredeburg Virtual Visit mengharapkan tur museum secara daring dapat disajikan lebih menarik dan interaktif. Tampilan gambar dan penyampaian dalam pemanduan diharapkan para responden lebih atraktif sehingga virtual tur menjadi menyenangkan. Dalam Seminar Daring, responden memberi masukan untuk mengadakan kegiatan serupa secara rutin dengan narasumber dan tema beragam.


Tindak lanjut respon dan masukan masyarakat terhadap layanan museum dilakukan dengan melakukan pembenahan dan pengembangan terus menerus. Selanjutnya, Museum Benteng Vredeburg akan terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selanjutnya, Museum Benteng Vredeburg akan terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?