Soegi Bornean Meriahkan Konser Musik ‘Renjana diSatoe Senja’

administrators 03 November 2023 15:05:32 319

Penampilan Soegi Bornean, Grup Band asal Semarang, Jawa Tengah sukses menghidupkan suasana sore dalam rangkaian acara Vredeburg Fair #9 2023 yang menghadirkan Konser Musik bertajuk ‘Renjana di Satoe Senja’, Minggu (29/10/2023) di halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Penampilan Soegi Bornean ini diiringi dua band pendamping yakni ‘Suara Minoritas Band’ dan ‘Selera Rakyat Musik’. Penonton pun rela antri sedari pagi demi mendapatkan tiket konser. Tiket yang dibandrol dengan harga Rp.3.000 terjual hingga 2.500 lembar, dimana harga tersebut sebenarnya merupakan tiket masuk museum, sementara untuk konser sendiri gratis.

Soegi Bornean ini menghadirkan musik yang unik dan berbeda dari band pada umumnya. Musik beraliran Pop Folk tersebut memadukan antara budaya Jawa dan Kalimantan sehingga mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para penonton, terutama bagi pendengar musik folk. 

Perpaduan Jawa-Kalimantan inipun tersemat pada nama bandnya. Soegi Bornean diambil dari kata dalam bahasa jawa yaitu Sugih yang berarti kaya, dan Bornean yang berarti Kalimantan, tanah kelahiran sang Vokalis. Band yang  terbentuk dari teman nongkrong yang terdiri dari 3 personel, yaitu Fany Soegiarto sebagai Vokalis, Bagas Prasetyo dan Aditya Ilyas sebagai Gitaris, mampu menghangatkan Panggung dengan lantunan tembang puitis yang penuh makna. 

Ditutup dengan lagu populernya yang berjudul Asmalibrasi, sehingga semakin meromantisasi suasana sore dalam Konser Musik ‘Rentjana di Satoe Senja’. Lagu yang dirilis pada Juli 2019 tersebut memiliki lirik bermajas puitis dan mampu menghipnotis siapa saja yang mendengarkannya, Asmalibrasi yang merupakan singkatan dari Asmara yang terkalibrasi tersebut juga menjadi lagu yang mengantarkan Soegi Bornean menuju puncak kepopularitasnya hingga saat ini, dan memperoleh Penghargaan di ajang Mendadak Music Award oleh Gen FM, pada Maret 2023 lalu, Asmalibrasi menyabet penghargaan kategori “lagu Remix Paling Trending”, dengan total 62 persen jumlah voters.

Selain menyajikan aliran musik yang berbeda, gaya berbusana personel Soegi bornean saat tampil di panggung menjadi daya tarik tersendiri bagi band tersebut, khususnya busana etnik dan batik yang dikenakan oleh Fanny sang vokalis sehingga tidak sedikit penonton yang turut mengenakan busana dengan dominasi kain batik tersebut. 

Konser Musik Rentjana diSatoe Senja ini merupakan salah satu event unggulan dalam Vredeburg Fair #9 2023. Vredeburg Fair 2023 yang berlangsung selama dua bulan ini dijadwalkan berakhir hingga 23 November 2023 mendatang.

Beberapa kegiatan yang telah terlaksana dalam Vredeburg Fair 2023 diantaranya event Gowes Museum; Gelar Karya Komunitas; dan Panggung Kesenian ‘Swara Senja’. Namun, pengunjung masih dapat menikmati Pameran Temporer ‘SATOE’ yang masih dibuka sampai dengan berakhirnya Vredeburg Fair 2023. Pameran temporer ini juga buka pada malam hari setiap akhir pekan selama event Vredeburg Fair 2023 berlangsung. 



Penulis: Prima Aji Nugraha (Mahasiswa Magang, Universitas Amikom Yogyakarta)

Penyunting : Ita Ratnasari

 

 




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?