Dulu Penjara, Sekarang Mushola

administrators 29 November 2022 14:34:28 66

Bangunan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikatakan sebagai kekayaan sejarah yang tidak ternilai harganya. Arsitektur bangunan ini bergaya Indis yang bercampur dari unsur-unsur Belanda-Indonesia (Jawa). Hingga saat ini, bangunan museum dijaga dengan baik dan terawat. Bangunan tua yang klasik menambah menarik para pengunjung yang penasaran untuk melihat wujud asli bangunan museum. 

Sebagai salah destinasi wisata bersejarah, Museum menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung, seperti: Mushola, Toilet, Ruang laktasi, ruang audio, taman, dream corner, lapangan hijau, dan masih banyak lainnya. Dari beberapa fasilitas yang tersedia, ada satu bangunan yang menarik dari sisi sejarahnya yaitu bangunan L, bangunan ini dulunya berfungsi sebagai ruang tahanan (eks penjara) dan dibangun pada tahun 1830. Jika dibandingkan dengan aslinya bangunan ini tidak mengalami banyak perubahan bentuk, hanya fungsinya saja yang berubah. Area mushola ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu dan perlengkapan ibadah. 

Sudah seharusnya, sebagai generasi muda harus bangga dan ikut melestarikan budaya lewat sejarah. Dibalik bangunan sejarah pasti memiliki peran historinya masing-masing, entah berupa monumen, museum, maupun peninggalan bersejarah lainnya. Menurut buku panduan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Pelestarian Benteng Vredeburg sebagai museum bukan berarti simbol kejayaan kolonial namun juga dapat dilihat dari fungsi barunya yaitu memberikan informasi dan aspirasi perjuangan nasional bagi generasi yang akan datang.

Museum menjadi salah satu media dan sumber sejarah yang menarik bagi semua kalangan terutama generasi penerus bangsa. Banyak pelajaran yang didapat saat mengunjungi museum, pengembangan fasilitas dan bangunan museum disesuaikan dengan era modern saat ini. Tidak hanya belajar sejarah saja, namun kita juga bisa mendapatkan spot foto menarik yang bernuansa sejarah.


Penulis: Dewi Rosya Wahyu Handayani (Magang Universitas Negeri Yogyakarta)

Referensi:

Kemdikbud. (2018). Belajar Sejarah Perjuangan Bangsa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/belajar-sejarah-perjuangan-bangsa-di-museum-benteng-vredeburg-yogyakarta.




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?