Koleksi Museum LUMPANG DAN ALU : MELAWAN CORONA DENGAN JAMU TRADISONAL

administrators 03 April 2020 14:29:19 259

 

Lumpang dan alu adalah sepasang alat dapur tradisional yang kita jumpai pada masyarakat Jawa. Pada umumnya, alu terbuat dari kayu, sedangkan lumpang terbuat dari kayu, batu atau besi. Lumpang yang terbuat dari kayu atau batu berpasangan dengan alu yang terbuat dari kayu. Sementara lumpang besi, biasanya alunya juga terbuat dari besi. Hanya saja lumpang-alu dari besi ukurannya lebih kecil

Lumpang dan alu ini adalah salah satu koleksi milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Pada masa revolusi fisik 1948-1949 daerah Bantul banyak berdiri markas-markas perjuangan. Guna mendukung kegiatan tersebut rakyat bahu membahu mendirikan dapur umum. Salah satu dapur umum didirikan di rumah Bapak Sukijan Noto Admojo. Lumpang merupakan benda yang berperan dalam kegiatan tersebut untuk menumbuk bumbu dan beras.

Sebagai alat dapur, lumpang dan alu juga dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk menumbuk bahan dapur lainnya, misalnya membuat sambal pecel, menumbuk kacang tolo untuk dijadikan makanan pelas, atau ramuan jamu tradisional. Pada masyarakat pedesaan di Jawa, sampai sekarang masih banyak dijumpai lumpang-alu. Pemakai yang sering menggunakan alat ini adalah para penjual makanan yang sudah matang, seperti penjual nasi pecel atau penjual jamu tradisonal.

Sahabat museum, pada saat ini kita sedang menghadapi adanya wabah Corona. Ada beberapa cara yang diyakini bisa menangkal Virus Corona masuk dalam tubuh kita. pada saat ini sering kita jumpai “Jamu Anti Corona” .

Jamu itu ramuan dari beberapa empon-empon, jamu empon-empon yang diramu oleh pedagang jamu tradisonal . salah satu alat untuk menumbuk jamu tersebut lumpang dan alu.
Ayo budayakan minum jamu tradisonal agar badan kita tetap sehat dan kita dapat melawan corona.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?