Pameran Vredeburg di Ngleri Capai 6782 Pengunjung, Masyarakat Minta Dilaksanakan Kembali Tahun Depan

administrators 29 Agustus 2022 10:25:30 72

Pameran Museum Masuk Desa 2022 yang berlangsung di Balai Desa Ngleri, Playen, Gunungkidul (24-28/8/2022) sukses menarik animo masyakarat. Bahkan banyak warga yang mengusulkan agar acara ini dapat kembali dilaksanakan di tahun depan. Pameran dengan mengusung tema ‘Pekik Merdeka dari Bumi Handayani’ ini mencatatkan jumlah kunjungan sejumlah 6782 pengunjung. Pameran ini dibuka oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, S.Kom., MSi, pada Rabu (24/8/2022) yang ditandai dengan pemotongan buntal dan membunyikan othok-othok yang diikuti oleh seluruh tamu undangan.


Pameran Museum Masuk Desa merupakan bagian dari upaya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam membangun semangat nasionalisme dan mewujudkan dukungan terhadap pemajuan kebudayaan. Kehadiran Museum Masuk Desa diharapkan mampu memperluas jangkauan informasi dan apresiasi sejarah. Pada pameran ini Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyajikan tata pameran sejarah terkait peran serta masyarakat semestara terkait tentara, pemuda, pelajar, petani/rakyat, dan perempuan dalam perjuangan mempertahankan kedaulatan negara. Turut serta dipamerkan koleksi benda realia (asli) bersejarah pada masa revolusi fisik 1945-1949.


Setelah resmi dibuka, Museum Masuk Desa di Ngleri dikunjungi oleh masyarakat sekitar setiap harinya mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Tidak ketinggalan, sekolah-sekolah disekitar Kapanewon Playen pun berbondong-bondong mengunjungi pameran. Selain disuguhkan dengan pameran museum, dihadirkan juga kegiatan penguatan nilai sejarah dan karakter bangsa melalui dongeng sejarah bagi pelajar oleh Kak Awe dan Kak Bimo.  Dalam rangkaian pameran ini digelar juga Talkshow ‘Kisah Perjuangan Lokal di Desa Ngleri Gunungkidul’ dengan narasumber Drs. H. Supardal (Lurah Kalurahan Ngleri) dan Eko Isdianto, S.Sos (Ketua Komunitas Djogjakarta 1945). Berbagai kegiatan hiburan digelar untuk menyemarakkan acara, seperti beragam sajian pentas seni, Lomba Gejog Lesung, Senam Sehat, dan Jalan Sehat. Tak ketinggalan, Woro Widowati, penyanyi cantik yang naik daun berkat cover lagu di chanel Youtubenya, turut memeriahkan acara hingga Balai Desa Ngleri pun tumplek blek oleh warga yang menonton. 


Tidak ketinggalan, upaya pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan menghadirkan potensi produk lokal (UKM) di stand-stand kerajinan dan kuliner dari masyarakat setempat. Selama pameran berlangsung, stand-stand UMKM di halaman balai kalurahan ramai dikunjungi masyarakat.

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?