Museum Vredeburg Kembali Raih SAKIP Predikat A

administrators 17 Januari 2023 20:09:16 39


Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mendapatkan capaian menggembirakan dengan diperolehnya predikat A pada Nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2022, dengan skor 87. Capaian ini bukan kali pertama bagi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, karena pada tahun 2021 juga meraih SAKIP predikat A dengan perolehan skor 84,87. Penilaian SAKIP ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana efisiensi dan efektivitas suatu lembaga, pemerintah daerah maupun kementerian dalam penggunaan anggaran. Sementara Nilai Kinerja Anggaran tahun 2022 yang ditargetkan mendapatkan nilai 92, ternyata melampaui target dengan perolehan nilai 94,58. Kemudian terkait serapan anggaran tahun 2022 sebesar 98,58%, melebihi dari yang ditargetkan yakni 98%.

Demikian disampaikan Mega Mandha Setyawan, S.H. selaku pegawai bagian Penyusunan dan Perencanaan Program di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam kesempatan Apel pagi pada hari Kamis (5/1/2023). Kegiatan apel pagi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis dengan diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Secara bergiliran, karyawan-karyawati ditunjuk sebagai Pembina apel. Hal ini dimaksudkan sebagai ajang sharing informasi, serta sharing ide dan gagasan dari segenap karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

Lebih lanjut Mega menyampaikan informasi terkait proses transisi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dari UPT menjadi BLU, menjadikan Program Kerja tahun 2023 masih belum pasti. Sehingga untuk kegiatan teknis belum bisa dilaksanakan. Kegiatan yang bisa berjalan hanya terkait operasional kantor. Oleh karenanya, ia mengingatkan bagi para fungsional Pamong Budaya agar mencari kegiatan rutin untuk memenuhi angka kredit, dan tidak lagi bersandar pada kegiatan dalam DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran).  

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak segenap karyawan-karyawati untuk tetap bersemangat menyambut tahun baru. Meski masih di awal tahun, namun ada beberapa kewajiban yang harus segera diselesaikan, seperti laporan keuangan dan laporan kinerja yang harus disusun. Dibagian kepegawaian harus segera menyelesaikan SKP 2022 manual (excel) dan menyusun SKP 2023. Dibagian rumah tangga harus segera menuntaskan laporan opname fisik dan laporan BMN (Barang Milik Negara).

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?