Gugah Patriotisme Generasi Muda, Vredeburg Gelar Pameran ‘Pelajar di Medan Juang’

administrators 19 Mei 2021 08:56:36 190


Bertempat di gedung G kompleks setempat, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyelenggarakan Pameran Tematik ‘Pelajar di Medan Juang’ pada 26 April s.d 31 Mei 2021. Sebagai visualisasi dari proses panjang perjuangan tersebut ditampilkan melalui beragam koleksi perjuangan dalam pameran ini, diantaranya koleksi lukisan dan sketsa perjuangan karya Frans Harsono. Beliau merupakan salah satu pelaku Tentara Pelajar yang mengabadikan momen perjuangan saat itu melalui lukisan dan sketsa. Selain itu, ada juga koleksi yang menjadi perlengkapan Tentara Pelajar (TP) saat itu, seperti pakaian TP dan kartu anggota serta perlengkapan markas Tentara Pelajar. Acara tersebut sejalan 

Menilik dari sejarahnya, ketika revolusi meletus para pelajar terpanggil untuk menjadi benteng proklamasi bersama lapisan masyarakat lainnya. Para pelajar dan mahasiswa umumnya sudah menata diri untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Salah satunya adalah menggerakkan dan mengorganisir para pelajar, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan selalu siap siaga. Para pelajar menengah bergabung dalam Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) dan mahasiswa bergabung dalam Serikat Pelajar-Pelajar Indonesia.

Kedatangan Belanda yang membonceng NICA pasca kemerdekaan Indonesia, ternyata memiliki maksud untuk menegakkan kembali pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia. Para pemuda yang melihat gelagat tidak baik tersebut, tidak tinggal diam. Para pemuda terdorong semangatnya untuk turut serta menghadapi kaum penjajah. Banyak yang mereka lakukan, seperti menjadi kurir, Palang Merah, dan Dapur Umum. Bahkan di garda depan mereka turut mengangkat senjata. Oleh karena itu IPI memandang perlu dibentuk IPI bagian pertahanan yang nantinya merupakan cikal bakal terbentuknya Tentara Pelajar Brigade XVII. 

Ketua Panitia Pameran Tematik, Jauhari Chusbiantoro, menyampaikan bahwa pameran ini terselenggara sebagai bentuk dari penjabaran Visi Museum Benteng Vredeburg yakni sebagai wahana penguatan pendidikan karakter generasi muda melalui pelayanan prima dan berintegritas. Selanjutnya, kata Mas Jo, demikian sapaan akrabnya, untuk mengakomodasi masyarakat yang belum dapat berkunjung melihat pameran ini, panitia menyelenggarakan Vredeburg Virtual Visit pameran tematik ‘Pelajar di Medan Juang’ pada 7 Mei 2021 melalui zoom. Virtual visit ini dipandu oleh Edukator Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui materi pameran ini melalui akun instagram Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Pertama)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?