Kunjungan TMBoE ke MCB Benteng Vredeburg Bersama-sama Belajar Sejarah Masa Jepang di Indonesia

administrators 24 Mei 2024 17:03:45 70

Hari ini, Jumat (24/4), Tokyo Metropilitan Board of Education (TMBoE) melakukan kunjungan ke Museum dan Cagar Budaya (MCB) Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kunjungan ini disambut oleh Muri Kurniawati, Pamong Budaya Ahli Madya MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta bersama 3 pegawai lainnya. Rombongan TMBoE ini berisi siswa sekolah menengah dari Tokyo dan Indonesia berjumlah sekitar 30 siswa. Mereka melakukan kunjungan ini dalam rangka persiapan kunjungan yang rencana dilakukan pada Agustus 2024 mendatang.

Selama berada di MCB Benteng Vredeburg, rombongan didampingi oleh para pegawai berkeliling museum. Mereka melihat ruang pamer diorama 1 yang menampilkan peristiwa sejarah tentang masa Jepang di Indonesia. Tahun 1942-1945 menjadi satu periode penting bagi sejarah Indonesia. 3,5 tahun masa Jepang di Indonesia mencatatkan narasi sejarah panjang dalam perjalanan kebangsaan Indonesia. Ruang pamer diorama 1 menampilkan 3 diorama sejak masuknya Jepang ke Yogyakarta, kebijakan militer dan politik Jepang di Indonesia. Tidak hanya itu, ruang pamer diorama 1 juga menampilkan beberapa koleksi tentang masa Jepang, seperti baju goni dan replika peralatan makan.

Dengan melihat sajian sejarah dan koleksi yang ada di MCB Benteng Vredeburg diharapkan menjadi gambaran awal mereka untuk kunjungan di bulan Agustus nanti. Muri Kurniawati berharap kunjungan TMBoE menjadi sarana diplomasi bagi dua negara Indonesia-Jepang. Terlebih kedua negara ini memiliki hubungan erat dalam proses sejarah. “Kunjungan ini semoga bisa menjadi sarana penanaman nilai dan pendidikan karakter bangsa bagi Indonesia dan Jepang, sehingga membentuk bangsa yang maju, tutup Muri.”



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?