Koleksi Buku Perpustakaan "Gusti Noeroel- Streven Naar Geluk"

administrators 11 November 2021 10:09:09 62

“Di masa muda, kecantikannya pernah menggetarkan hati banyak laki-laki terhormat, termasuk Bung Karno, Bung Sjahrir, dan Sultan Hamengku Buwono IX. Putri Solo yang rela meninggalkan kenyamanan hidup di dalam istana demi cinta”


Adalah G.R.Ay. Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Koesoemawardhani Soerjosoejarso nama lengkap dari sosok perempuan bangsawan Jawa yang memegang teguh prinsipnya untuk tidak dimadu. Orang-orang mengenalnya dengan Gusti Noeroel, lahir pada Sabtu Legi, 17 September 1921 di Solo. Salah satu putri Pura Mangkunegaran dari K.G.P.A.A. Mangkoenagoro VII dan G.K.R. Timoer Mursudariyah. Seorang putri ayu yang pandai berkuda, menari, berenang, main tenis, berkebaya dan menggelung rambut, menjalankan tirakat, mendengerkan klenengan gamelan, tapi juga tetap mendengarkan lagu-lagu Barat. Menerima kemodernan dengan tangan terbuka, tanpa melupakan akar budayanya.


Buku dengan judul Gusti Noeroel, Streven Naar Geluk (Mengejar Kebahagiaan) sangat menarik untuk mengenal lebih dalam siapa sebenernya Gusti Noeroel. Sosok perempuan yang menjadi idaman tokoh-tokoh besar pada masanya. Mulai dari Bung Karno, Sri Sultan HB IX, Sutan Sjahrir, G.P.H. Djatikusumo, para bangsawan dan pangeran baik dari Yogyakarta maupun Surakarta, hingga seniman terkenal yang pernah melukis potret keanggunannya, Basuki Abdullah. Walaupun demikian, setelah melakoni serangkaian tirakat, pilihan hatinya jatuh pada K.P.H Soerjarso Soerjosoerarso, komandan pasukan lapis baja AD tahun 1950, Atase Militer pertama untuk RI di Amerika, dan Rektor Institut Teknologi Tekstil Bandung.


Buku ini adalah memoar yang diceritakan oleh Gusti Noeroel dan cerita-cerita lisan ataupun tertulis dari keluarga besar beliau. Pembaca akan diajak menyelami kenangan masa kecilnya, betapa teguh prinsip dan pendirianya, juga menghormati serta menjunjung tinggi adat dan nilai-nilai luhurnya, hingga bagaimana kemudian beliau memantapkan diri memilih tambatan hati. Selain itu, di setiap pergantian bab, pembaca dimanjakan dengan album kenangan yang berisi lusinan potret sang putri ayu dan keluarganya dalam berbagai momen.


Resensi buku

Judul “Koleksi Buku Perpustakaan -Gusti Noeroel- Streven Naar Geluk"

Penulis : Ully Hermono

Penerbit: Penerbit Buku Kompas

Tahun Terbit : 2014

Koleksi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call number : 920.72 Her g


Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).


Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/

- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.

- Komputer dan Wifi

- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup

- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?