Ribuan Masyarakat Yogyakarta Antusias Di Karnaval Merdeka Belajar

administrators 30 Mei 2023 13:30:52 534

Ribuan masyarakat Yogyakarta antusias menyaksikan karnaval Merdeka Belajar yang diselenggarakan di titik 0 km Kota Yogyakarta, yang berlangsung di Museum Benteng Vredeburg Minggu (28/5/2023) malam. Karnaval merdeka belajar ini sebagai kegiatan dari rangkaian puncak dari kemeriahan perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Adapun Hardiknas tahun 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Berangkat dari tema tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan talenta potensial lewat pengalaman artistik bersama sekaligus wahana edukatif bagi masyarakat. Kegiatan ini melibatkan 500 peserta yang terdiri atas pelajar, masyarakat, dan pelaku seni budaya yang berasal dari sanggar maupun asrama mahasiswa yang disebut barisan Indonesia belajar. Acara tersebut menyajikan beragam atraksi, terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu Indonesia Bergerak, Indonesia Serempak dan Indonesia Semarak.

Karnaval merdeka belajar di hadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bersama para pejabat eselon I dan II Kemendikbudristek yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Didik Wardaya.

Semangat semarak kegiatan ini diharapkan mampu menginspirasi dan memantik seluruh unsur masyarakat untuk mengembangkan kemerdekaan belajar yang bermuara pada bentuk kreativitas cipta karya," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Yogyakarta, Minggu. Karnaval merdeka belajar mengusung filosofi trilogi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu "Handaya Karsa Hambangun Tuladha" yang mengusung makna momentum kebersamaan di ruang publik. Kemudian "Saya berharap, keteladanan filosofi Ki Hadjar Dewantara menginspirasi generasi selanjutnya guna memperkokoh barisan manusia berkualitas di masa mendatang," kata dia.

Karnaval merdeka belajar untuk menumbuhkan talenta potensial lewat pengalaman artistik bersama sekaligus wahana edukatif bagi masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan tema Hardiknas 2023, "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

Hilmar Farid mengatakan kreativitas budaya dirasakan mempunyai adil terhadap terwujudnya merdeka belajar yang diinisiasi pemerintah saat ini. Ia menjabarkan dari budaya akan lahir bakat, minat, dan potensi dari setiap orang yang hal tersebut berkaitan dengan sasaran merdeka belajar, "Budaya turut membentuk profil pelajar pancasila. Pada budaya ada semangat kebersamaan atau gotong royong yang ingin diciptakan dari pelajar Indonesia melalui berbagai kebijakan merdeka belajar," demikian Hilmar Farid.

Salah satu seniman yang terlibat dalam karnaval tersebut, Ignatia Nilu, mengatakan seniman harus memiliki kesadaran bahwa berkarya dalam pendidikan bakal berdampak baik untuk publik. "karnaval merdeka belajar 2023 ini adalah sebuah refleksi, sebab di luar juga banyak seniman yang mendedikasikan karyanya untuk edukasi publik," katanya.

Melalui karnaval merdeka belajar ini masyarakat akan melihat pendidikan Indonesia dalam tampilan yang berbeda. Unsur-unsur yang ditampilkan tidak lepas dari kekayaan budaya nusantara. Tentunya semua dikaitkan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. 


Penulis : Nurikawati (Mahasiswa Magang Universitas Islam Indonesia Jurusan Ilmu Komunikasi)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?