Pramuka Penegak Puteri SMA Stella Duce 1 Yogyakarta lakukan Jelajah Budaya Virtual di Museum Benteng Vredeburg

administrators 21 Mei 2021 16:00:36 180

Dalam rangka Jelajah Budaya Virtual, Pramuka Penegak Putri SMA Stella Duce 1 Yogyakarta melakukan kunjungan secara virtual ke Museum Benteng Vredeburg. Kunjungan secara virtual, atau Vredeburg Virtual Visit ini dilaksanakan pada Jumat, 21 Mei 2021. Kurang lebih 250 siswi dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta mengikuti kegiatan ini selama kurang lebih 1 jam dari pukul 09.00 – 10.00 WIB. Kegiatan ini dipandu oleh Mahtisa Iswari, SS (Pamong Budaya Ahli Muda) dari ruang operator dan M. Rosyid Ridlo, S.Pd., MA (Pamong Budaya Ahli Muda) dari ruang Diorama I.

   

Para siswa diajak berkeliling di ruang diorama 1 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang berisi tentang sejarah perjuangan di Yogyakarta sebelum Indonesia merdeka. Pemanduan dimulai dengan penjelasan tentang Diponegoro sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang gigih melawan penjajahan Belanda. Penjelasan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Kongres Boedi Oetomo yang berlangsung di Yogyakarta, tepatnya di Kweekschool Yogyakarta (sekarang SMA 11 Yogyakarta). Agar peserta Jelajah Budaya Virtual semakin antusias mengikuti pemanduan, di sela-sela pemanduan diadakan kuis yang pertanyaannya berkaitan dengan materi di ruang diorama I. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan mendapatkan souvenir menarik dari Museum Benteng Vredeburg. 

Kegiatan Jelajah Budaya Virtual ini merupakan salah satu alternatif pembelajaran secara daring di tengah masa pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan ini dapat mengurangi kejenuhan para pelajar yang harus mengikuti pembelajaran secara daring. Museum Benteng Vredeburg sebagai Museum sejarah perjuangan di Yogyakarta juga menghadirkan Vredeburg Virtual Visit sebagai salah satu inovasi layanan di masa pandemi. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir sejumlah masyarakat dan sahabat museum yang ingin berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta secara aman. Kegiatan Vredeburg Virtual Visit tentu saja sejalan dengan visi Museum Benteng Vredeburg yakni “Museum sebagai wahana penguatan pendidikan karakter generasi muda melalui pelayanan prima dan berintegritas”.

Di akhir acara Jelajah Budaya Virtual di Museum Benteng Vredeburg, Kak Tias sebagai perwakilan dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta mengapresiasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang sudah mengakomodir kunjungan virtual di tengah masa pandemi. Selain itu, ditambahkan pula bahwa siswi dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta sangat antusias mengikuti rangkaian acara dan semoga mereka bisa meneruskan informasi yang disampaikan oleh pemandu serta semoga kerjasama serupa dapat dilanjutkan pada masa-masa mendatang.


Reni Widiastuti – Pamong Budaya Ahli Pertama




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?