Indonesia Museum Award 2022 Nobatkan Vredeburg sebagai Museum Paling Kolaboratif

administrators 29 Desember 2022 09:38:04 107

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Selasa (20/12/2022) menerima Anugerah Purwakalaghra Indonesia Museum Awards (IMA) 2022 sebagai pemenang kategori “Museum Kolaboratif”. M. Rosyid Ridlo, Pamong Budaya Ahli Muda Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta didaulat mewakili Museum Benteng Vredeburg untuk menerima trophy penghargaan tersebut. Penganugerahan IMA 2022 ini berlangsung di Makara Art Center Universitas Indonesia Kampus UI Depok, Jawa Barat. 

Diraihnya kategori Museum Kolaboratif ini dikarenakan museum tersebut dinilai telah melakukan kemitraan aktif dengan beragam komunitas, aktif dalam kegiatan sharing knowledge, menunjukkan kreativitas dalam mengelola ide kolaborasi dan memberikan impact besar terhadap komunitas masyarakat selama pandemi dan setelah pandemi. 

Sebagai informasi, Indonesia Museum Awards (IMA) merupakan program rutin yang dilaksanakan sejak tahun 2012 sebagai sebuah event yang bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap museum dan tokoh permuseuman, individu maupun institusi yang selama ini telah banyak memberikan kontribusi dan karya nyata demi kemajuan permuseuman, kepurbakalaan, kesejarahan, dan kebudayaan di Tanah Air. Program ini digagas oleh Komunitas Jelajah, sebuah komunitas independen yang memiliki  minat dan perhatian terhadap berbagai peristiwa, tempat dan pelaku sejarah, budaya, bahasa, kemasyarakatan, sains, dan teknologi. 

Adapun hasil penilaian dalam Indonesia Museum Awards (IMA) didasarkan berbagai pertimbangan Dewan Juri yang dipimpin oleh Prof. Wiendu Nuryanti, Ph.D (Budayawan dan Guru Besar Universitas Gadjah Mada) dengan anggota yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. (Tokoh Masyarakat), Samuel Wattimena (Desainer), Anggit Hernowo (Jurnalis), Yadi Hendriana (Jurnalis), dan Yuliandre Darwis, Ph.D (Pakar Komunikasi). 

Dalam Indonesia Museum Awards 2022 ini, 6 kategori penghargaan diberikan untuk museum diantaranya: kategori Museum Kolaboratif diberikan kepada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta; kategori Museum Pemrakarsa Kesehatan dan Kesejahteraan diberikan kepada Museum Kepolisian Negara RI; kategori Museum Komunikatif diberikan kepada Museum Geologi; kategori Museum Inspiratif diberikan kepada Museum Benteng Heritage; Kategori Museum Adaptasi Baru dimenangkan oleh Museum Kapal Samudra Raksa; Kategori Museum Kreatif dimenangkan oleh Museum Pasifika Bali. Selain itu, penghargaan diberikan kepada para tokoh yang dinilai telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan dunia permuseuman, kepurbakalaan, kesejarahan, dan kebudayaan di Tanah Air diantaranya Antonio Maria Blanco Junior sebagai Duta Museum 2022; Anugerah Amir Sutarga diberikan kepada Nunus Supardi; Tokoh Peduli Museum diberikan kepada I Nyoman Nuarta; dan Tokoh Pengabdian Sepanjang Hayat diberikan kepada Jaya Suprana.


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?