Pemeliharaan Preventif Koleksi Museum oleh Tim Konservator

administrators 18 November 2022 14:21:23 33

Museum memiliki ratusan koleksi berupa foto dan lukisan yang disimpan di Ruang Storage K yang bertempat di sisi Gedung K museum. Sebagian dari koleksi-koleksi tersebut merupakan hibahan dari Belanda dan beberapa institusi lain. Koleksi disimpan dalam vitrin-vitrin yang dikelompokkan berdasarkan acuan klasifikasi museum. 

Identifikasi ini dilakukan kurator untuk mendata kembali koleksi-koleksi yang tidak berada di tempat penyimpanannya, juga untuk mengukur dimensi koleksi-koleksi yang berupa foto dan lukisan untuk pendataan informasi koleksi museum.

Tidak hanya itu, pembersihan juga dilakukan untuk terus menjaga kesehatan koleksi yang disimpan (Selasa, 15/11/2022) oleh tim konservator. Koleksi-koleksi dibersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan kuas. Silika-silika gel berbentuk seperti butiran kaca yang diletakkan di lemari-lemari tempat menyimpan koleksi dengan dibungkus dalam pouch kecil juga diganti secara rutin. Silika gel tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan air yang ada di dalam lemari, sehingga koleksi-koleksi berupa foto dan lukisan tetap terjada kualitasnya.

Koleksi-koleksi foto yang menggunakan bingkai kayu beberapa sudah mengalami pelapukan dan pengeroposan akibat dimakan rayap. Apabila hal tersebut terjadi, maka foto akan dibersihkan dari rerontokan serat kayu dan disimpan kembali. Bingkai kayu yang sudah rapuh kemudian akan dibuang dan tidak akan digunakan kembali, guna mempertahankan kualitas foto yang disimpan.

Pemeliharaan preventif yang rutin dilakukan oleh tim konservatif museum selain berguna untuk menjaga keutuhan koleksi juga bermanfaat untuk menjaga kredibilitas museum sebagai sarana untuk menyimpan dan menjaga benda-benda peninggalan jaman dahulu. 


Amelia Fajar Putri (Magang Universitas Negeri Yogyakarta)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?