5.290 Peserta Didik MPLS Banjiri Vredeburg dalam Sepekan

administrators 21 Juli 2023 10:18:01 227

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau lebih dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) pada tahun sebelum 2016 lalu  merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS diterapkan mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan tujuan mengenali potensi peserta pendidik baru; menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik; menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai dan menghormati keanekaragaman dan persatuan, dan disiplin; Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.

MPLS dilakukan pada minggu pertama penerimaan peserta didik baru, dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah pengenalan pada stake holder sekolah lainnya, bisa berupa kunjungan ke tempat-tempat sejarah atau kunjungan ke tempat-tempat pelayanan publik lainnya guna memperoleh pembelajaran lain di luar sekolah. Program Wajib Kunjung Museum (WKM) bisa disisipkan dalam salah satu rangkaian kegiatannya, tak heran jika selama MPLS berlangsung banyak museum banjir pengunjung pelajar.

Tak terkecuali Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, selalu ramai dijadikan salah satu tujuan yang dikunjungi peserta didik baru MPLS. Hal ini tentunya disambut baik oleh pengelola Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam memberikan layanan terbaik bagi ribuan peserta MPLS setiap harinya.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki 7 edukator yang salah satu tugasnya memandu pengunjung berkeliling museum untuk memperoleh tambahan pembelajaran sejarah di luar sekolah. Hebatnya 7 edukator tersebut mampu membawa sebanyak 5.290 peserta didik dalam sepekan (11-14 Juli 2023).

Mereka berasal dari beberapa sekolah di DIY diantaranya ada SMP Muhammadiyah 2 Gamping, SMP Muhammadiyah Kasihan, SMPN 3 Yogyakarta pada hari pertama MPLS. Hari kedua ada SMAN 1 Depok Sleman, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, SDN Jaranan Banguntapan, SDN Keputran 1 Yogyakarta, SMPN 4 Yogyakarta, MTsN 3 Sleman, SMPN 11 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Godean, SMP Muhammadiyah 2 Minggir.

Sementara puncaknya dihari ketiga, ada 20 sekolah yang melaksanakan MPLS di Museum Benteng Vredeburg, diantaranya SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, MAN 2 Yogyakarta, SMP Piri Ngaglik, SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah Depok, SMK Piri 1 Yogyakarta, SMA Taman Madya Jetis, SMA Muhammadiyah Pakem, MTS Miftahun Najah, SMAN 1 Sanden, MTS Anwar Rutuhiyah, SMP Muhammadiyah 1 Pundong, SMP Muhammadiyah 1 Gamping, SMPN 7 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Prambanan, SMP Pamungkas Mlati, SMA Stella Duce 2 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah Pakem, SDN Cemara 2 Surakarta. Pada hari keempat peserta MPLS datang dari SMKN 7 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, dan MA Ma’arif Yogyakarta. Selain yang tersebut masih terdapat beberapa sekolah yang masih mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam rangka MPLS pada pekan kedua.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?