Jepang "Minta Damai" !

administrators 13 Agustus 2020 12:28:40 188

13 Agustus 1945

Jepang "Minta Damai" !

Desas desus kekalahan Jepang semakin banyak diberitakan. Rentetan serangan Sekutu terhadap Jepang mewarnai kolom koran. Sjahrir menyebut Jepang "minta damai" untuk menyiratkan kekalahan yang berujung menyerahnya Jepang terhadap Sekutu. Sayangnya kabar itu belum cukup meyakinkan para tokoh terhadap posisi Jepang yang semakin terdesak. Bahkan, ketika Soekarno-Hatta berada di Singapura, mereka belum mengetahui kondisi sesungguhnya yang dialami Jepang.

13 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta masih berada dalam perjalanan pulang setelah bertemu dengan Terauchi di Dalat sehari sebelumnya. Kala itu, Soekarno-Hatta sedang singgah di Singapura untuk datang ke acara makan malam dengan Panglima Tentara Angkatan Laut Jepang VII di Singapura.

Di hotel tempat Soekarno dan Hatta menginap, di Sea View Hotel, sebenarnya beberapa anggota PPKI dari Sumatra juga berada di sana. Akan tetapi, mereka tidak dapat bertemu dan bertukar informasi tentang posisi Jepang dalam perang. Sehingga kabar kekelahan Jepang dalam perang belum bisa mereka dapat.

  

Sumber foto : www.geheugen.delpher.nl



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?