Hadir Sebagai Wisata Edukasi, Museum Sangiran Turut Meriahkan Pagelaran Vredeburg Fair #9 Tahun 2023

administrators 24 September 2023 12:51:33 277

Museum Sangiran menjadi salah satu partisipan yang turut memeriahkan Pagelaran Vredeburg Fair ke-9 Tahun 2023 dalam Gelar Karya Komunitas bertajuk “Ragam Komunitas, Satu Nafas” yang rencananya akan digelar hingga 24 September 2023 mendatang. 


Situs Sangiran sendiri merupakan situs manusia purba yang di dalamnya terdiri dari beberapa unit museum yang terdapat di 2 (dua) kabupaten, yaitu Kabupaten Sragen dan Karanganyar diantaranya, Museum Krikilan, Museum Ngebung, Museum Bukuran, Museum Dayu dan Museum Lapangan Manyarejo. 


Museum Sangiran sendiri membawa beberapa koleksi untuk dipamerkan dalam Vredeburg Fair #9 sebagai representasi koleksi yang terdapat di Situs Sangiran, antara lain, fosil yang diberi nama Sangiran 17 (S17), merupakan fosil tengkorak kepala Homo Erectus 8, fosil rahang atas badak yang merupakan spesies Rhinoceros Sondaicus serta yang tidak kalah menarik perhatian pengunjung yaitu kain batik asli buatan Museum Sangiran, yaitu Batik Motif  “Warisan Tumurun” yang terinspirasi dari koleksi yang ada di Situs Sangiran. Dalam proses produksinya berkolaborasi dengan masyarakat sekitar sehingga dapat menjadi sarana pemberdayaan masyarakat. 






            




Duwi selaku Kepala Unit Museum Krikilan mengungkapkan bahwa sejauh ini antusiasme pengunjung Vredeburg Fair sangat baik, dan terdiri dari berbagai kalangan.

“Luar biasa, ya selain dari kunjungan siswa masyarakat umum juga antusias untuk bertanya terkait koleksi dari Museum sangiran," ungkap Duwi.

Beliau juga berharap untuk berjalanya Vredeburg Fair di tahun-tahun berikutnya, agar bisa berkolaborasi dengan museum-museum lainnya yang berada di bawah naungan Museum Cagar Budaya (MCB). 


Penulis: Prima Aji Nugraha



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?