Toilet Adalah Cerminan Kebersihan Dari Objek Wisata

administrators 11 September 2020 14:46:57 54


 Dalam pelayanannya kepada masyarakat, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tidak lepas dari unsur-unsur pendidikan karena pada dasarnya museum memiliki dua fungsi yaitu sebagai rekreasi sekaligus tempat pendidikan. Informasi tentang kesejarahan, kebudayaan dan nilai-nilai luhur kejuangan disampaikan kepada generasi muda dalam nuansa edutainment, yang berasal dari kata education dan entertainment.

Berdasarkan Asosiasi Toilet Indonesia, toilet memiliki standar minimal yang harus dipenuhi agar mendapatkan toilet higienis. Standar minimal kebersihan toilet yang perlu diperhatikan yaitu terdapat simbol toilet harus dapat terbaca dan terlihat dengan jelas supaya orang tidak salah masuk, bebas dari kotoran tertinggal, keadaan toilet selalu dalam keadaan kering, tersedia air bersih untuk bilas dan tisu toilet untuk mengeringkan, tersedia tempat sampah, tidak ada kerak air pada kloset, wastafel, atau keran air, serta lantai toilet yang bebas dari lumut.

 Dari standar kebersihan toilet yang di tetapkan oleh Asosiasi Toilet Indonesia sudah diterapkan oleh Museum Benteng Vredeburg. Pengunjung akan merasa nyaman saat menggunakan fasilitas toilet di area Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Toilet di area Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga tersebar di beberapa titik, yang tersebar di  4 titik. Tapi perlu diingat, setelah menggunakan fasilitas toilet di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta jangan lupa di-flush agar pengunjung akan menggunakan berikutnya dapat merasakan kebersihan  toilet tersebut, daan jangan lupa membuang bekas tisu di tempat sampah yang disediakan dan jangan memasukan apapun kedalam kloset yang dapat membuat kloset tersumbat.

          

 

Sumber : https://www.asosiasitoilet-indonesia.org

(Raffa Akmaluddin K. Mahasiswa STP AMPTA)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?