Menelusuri Jejak Perjuangan Gayatri Rajapatni, Perempuan Dibalik Kejayaan Majapahit Melalui Tulisan

administrators 03 September 2020 10:23:00 106


 

Gayatri lahir dengan nama Dyah Dewi Gayatri Kumara Rajassa. Ia merupakan putri bungsu dari raja terakhir Kerajaan Singasari, Sri Maharaja Kertanagara. Ia juga merupakan istri raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya atau lebih dikenal dengan nama gelar rajanya, Kertarajasa Jayawardhana. Ia mendapatkan predikat Ratu dengan gelar “Rajapatni” yang artinya pendamping raja. Dari pernikahannya dengan Raden Wijaya, Ia dikaruniai dua orang putri, Tribhuwana dan Wiyah Rajadewi.

Perjuangan Gayatri tidak dilakukan secara langsung dan terkonfrontasi dari depan, Ia melakukan semua yang bisa lakukan untuk mendukung negaranya dengan berada dibalik layar. Ia adalah wanita yang tidak ragu untuk memberikan saran, tidak ragu menyuarakan pendapatnya pada suaminya, Raja Kertajasa Jayawardhana. Pernah suatu kali Ia menyatakan pendapatnya mengenai Rangga Lewu, seorang pemberontak yang tidak terima akan posisi yang telah diberikan raja padanya. Gayatri memberikan pertanyaan yang bahkan para penasihat raja pun tidak terpikir untuk bertanya. Perempuan itu bertanya bagaimana Rangga Lawe bisa memiliki dukungan dari rakyat Tuban padahal keluarganya tidak memiliki ikatan dengan mereka? Raja Kertajasa Jayawardhana sempat terkejut kala mendengar pertanyan istrinya.



Gayatri juga merupakan perempuan dibalik ideologi yang Mahapatih Gadjah Mada miliki. Ia yang menanamkan ide pada Gadjah Mada untuk menyatukan seluruh negeri tetangga dibawah satu federasi, salah satu tujuan dari mendiang ayahnya Sri Maharaja Kertanagara, dan juga mendiang suaminya, Kertarajasa Jayawardhana, yang belum sempat tercapai selama masih hidup. Gayatri Rajapatni adalah mentor, sekaligus sahabat dari Gadjah Mada, seorang yang akan Gadjah Mada mintai pendapatnya mengenai persoalan Kerajaan Majapahit. Ia merupakan wanita terhormat, bijak, cerdas, dan berpendirian teguh. Wanita yang sangat dicintai oleh keluarga dan rakyatnya.

Perjalanan Gayatri Rajapatni dalam usahanya untuk memajukan dan mengembangkan Kerjaan Majapahit dapat dibaca melalui tulisan dari Earl Drake dalam buku yang ditulisnya dengan judul “Gayatri Rajapatni, Perempuan Di Balik Kejayaan Majapahit”. Buku ini merupakan salah satu koleksi dari perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Earl Drake menulis buku ini melalui sudut pandang orang-orang terdekat dari Gayatri Rajapatni. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan membangunkan imajinasi sehingga buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Bagaimana sosok Gayatri? Dengan mengunjungi dan membaca buku ini di Perpusatakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta akan menemukan jawabnya.

 

Resti Puji mahasiswa STP AMPTA



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?