Usung Tema ‘Free Your Mind’, Talk Talk Museum Hadirkan Anak Muda Berprestasi di Kancah Internasional

administrators 18 Agustus 2022 14:05:42 304

Untuk memulai sebuah kesuksesan langkah pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan dan membuat aksi. Dengan menghilangkan rasa takut, maka kesuksesan secara perlahan agar didapatkan. Meski kerap harus melewati kegagalan, namun sesungguhnya kegagalan adalah tangga menuju kesuksesan. 

Demikian sketsa yang disampaikan oleh Iwan Agastya dan Novi Kalur dalam program siaran Podcast Talk Talk Museum pada Sabtu (13/8/2022). Talk Talk Museum adalah program kegiatan siaran podcast kerjasama antara Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan Komunitas Volkschool. Dalam episode 3 ini mengusung tema ‘Free Your Mind’. Hadir sebagai bintang tamu, Aretha Putri, peneliti muda bidang sains dan teknologi dan RM Rajasha Khamadeva, atlet balap sepeda nasional dan Youtuber sepeda. Sebagai host dan co-host, Isye Dewi dan Felix Kris. 

Dalam kesempatan tersebut, RM Rajasha Khamadeva mengisahkan bahwa perlombaan balapan pertama yang diikuti oleh Rajasha adalah perlombaaan tingkat Kabupaten Sleman. Kegugupan di perlombaan pertama, membuatnya terus memupuk keberanian untuk mencoba perlombaan lain hingga menjadi juara. Ia juga mengisahkan tantangan perlombaan di luar negeri yang membutuhkan persiapan dan adaptasi terhadap lingkungan. Dua hal ini menjadi pengalaman sangat penting bagi Rajasha menyiapkan perlombaan berikutnya.

“Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kejelian dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada”, beber atlet yang berprestasi dalam ajang balap sepeda internasional. 

Sementara Aretha mengisahkan saat pertama kali ikut perlombaan berawal dari coba-coba, karena awalnya ia belum memiliki ketertarikan. Berkat dorongan dari guru, ia kemudian meneruskan ketertarikan pada penelitian. Aretha juga memaparkan bahwa dirinya kalah perlombaan tidak hanya sekali. Namun kekalahan tersebut tidak menjadi hambatan untuk berhenti mencoba. Kekalahan justru menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran untuk proses perbaikan yang mengantarkannya meraih berbagai penghargaan nasional dan internasional di bidang science.

Obrolan seru ini kemudian dilanjutkan dengan games mini tebak-tebakan selama sekitar 10 menit. Acara ditutup dengan closing statement dari kedua bintang tamu. Kedua bintang tamu sepakat bahwa semangat belajar dan berusaha menjadi kunci meraih sukses dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

 “Kesuksesan adalah titik terjauh yang bisa diraih dari titik awal dimulainya sebuah usaha. Kesuksesan adalah mencoba, mulai atau tidak mulai. Jika tidak pernah dimulai maka tidak akan pernah sukses”, pungkas Rajasha. 


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?