Event Perdana ‘Petualangan Vredeburg’, Jumlah Pendaftar Membludak

administrators 28 Juni 2022 13:30:11 149


Antusiasme masyarakat dalam event perdana ‘Petualangan Vredeburg’ yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Juni 2022 cukup mencengangkan. Dengan target kuota sejumlah 75 peserta, tercatat jumlah pendaftar sebanyak 246 orang. Kegiatan ini diunggah ulang oleh beberapa akun informasi pariwisata dan kegiatan Yogyakarta sehingga kegiatan ini dapat tersebar luas dengan sangat baik. Sasaran pada kegiatan ini secara spesifik ditujukan kepada keluarga yang memiliki anak berusia 8-11 tahun, kemudian peserta dibagi kedalam beberapa kelompok, dalam tiap kelompok terdiri dari satu anak dan dua dewasa (orang tua).

Ketua Kegiatan, Pythagora Yuliana P., SIP mengungkapkan bahwa kegiatan ‘Petualangan Vredeburg’ dirancang sebagai bentuk pembelajaran baru untuk membantu keluarga dalam memanfaatkan museum secara menyenangkan dan mudah dengan mengembangkan permainan untuk memecahkan tantangan di museum melalui kegiatan ini. Alat bantu pembelajaran diwujudkan dalam bentuk set permainan dan dongeng oleh komunitas. Kemudian, setiap peserta anak bersama orang tua memainkan peran aktif mencari, menggali, dan mengeksplorasi informasi yang ada di museum. Dengan kemasan set permainan yang disajikan, menciptakan model pembelajaran aktif, yang berbeda dengan model pemanduan yang hanya berlangsung satu arah. Selain itu, dengan adanya set permainan ini diharapkan mampu memberikan kemerdekaan belajar kepada peserta untuk mengeksplorasi informasi di dalam museum.  

“Setiap tim diberi lembar peta berisi petunjuk teka-teki yang harus dipecahkan, kemudian peserta anak dan orangtua harus berperan aktif dalam mencari dan mempelajari koleksi dan narasi yang terdapat di museum. Disinilah upaya kami untuk memberikan alternatif pembelajaran secara fun kepada peserta,”ungkap Pythagora.  

Setelah misi permainan selesai, peserta dikumpulkan untuk mengikuti sesi dongeng oleh Abdul Wahab (Kak Awe) dan Mastri Imammusadin (Kak Imam) dari Komunitas Kampung Dongeng. Pada sesi dongeng, narasumber menyampaikan cerita tentang sejarah, penanaman karakter, dan literasi media. Acara ditutup dengan pembagian souvenir menarik dari Museum Benteng Vredeburg bagi peserta yang berhasil menjalankan misi dengan nilai terbaik. 


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?