Vredeburg Menerima Kunjungan Field Trip Mata Kuliah ‘Defense Heritage’

administrators 13 Februari 2023 08:28:31 402

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Jumat (3/2/2023) menerima kunjungan dari 27 mahasiswa President University. Bersama dengan dosen pengampu Mata Kuliah Defense Heritage, Dr. Jeanne Francoise, para mahasiswa ini melaksanakan field trip ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan, serta meningkatkan kecintaan generasi muda pada bangsa dan negaranya. 


Dalam kesempatan tersebut Dr. Jeane mengungkapkan bahwa pada semester ini untuk pertama kalinya di President University terdapat mata kuliah Defense Heritage dimana salah satu programnya adalah field trip ke Yogyakarta. Berdasarkan kajian disertasi Dr. Jeane tentang Warisan Pertahanan (Defense Heritage), Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan objek warisan pertahanan, sehingga menjadi salah satu objek yang perlu dikunjungi dalam field trip tersebut. 


Dr. Jeane sebagaimana dikutip dalam https://rri.co.id/ mengungkapkan bahwa defense heritage menjadi jembatan dalam memahami NKRI secara utuh karena objek-objeknya menjadi penanda bahwa Indonesia punya sejarah panjang. Pemahaman akan defense heritage bukan hanya terkait sejarahnya, tetapi juga tentang karakter kebangsaaan Indonesia. Pemahaman ini menjadi penting untuk menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri sebagai bangsa. Oleh karenanya, objek-objek defense heritage ini perlu dijaga dan dilestarikan. 


Sebagai informasi, Dr. Jeane ini sejak tahun 2018 mendirikan organisasi independen Defense Heritage Society. Organisasi ini telah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan President University selama 5 (lima) tahun untuk melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang warisan pertahanan. Selain itu, ia juga merupakan peneliti Defense Heritage pertama di Indonesia, dengan disertasinya yang berjudul ‘Defense Heritage sebagai Program Bela Negara’.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Drs. Suharja, turut hadir memberikan wawasan edukasi terkait sejarah dibangunnya Benteng Vredeburg. Ia mengungkapkan bahwa sejarah benteng Vredeburg lekat kaitannya dengan sejarah kota Yogyakarta karena banyak peristiwa sejarah di Kota Yogyakarta yang terjadi di Benteng Vredeburg.

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Unit Utama Museum dan Cagar Budaya)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?