Kemah Budaya 2017-Nyalakan Semangat Kemandirian Generasi Muda Guna Memperkokoh Identitas dan Jati Diri Bangsa

administrators 24 Juli 2017 14:27:23 464

IMG_0153 Keberadaan museum sangat berperan dalam pelestarian dan pengembangan nilai-nilai tersebut bagi generasi muda dan masyarakat. Dalam kaitannya dengan nilai tambah museum, maka museum sebetulnya berperan sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa agar generasi muda selalu berpegang kepada identitas dan jati diri bangsanya. Identitas dan jati diri bangsa dapat dikenal dan dihayati melalui pemahaman terhadap koleksi-benda-benda peninggalan sejarah dan budaya di museum. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY dan Kwartir Gerakan Pramuka DIY menyelenggarakan Kemah Budaya. Sebanyak 250 peserta Kemah Budaya adalah perwakilan pelajar SMP & SMA, pembina dan pendamping pramuka (tingkat penggalang dan penegak di DIY). Adapun materi yang disampaikan dari Kemah Budaya adalah berkaitan dengan budaya pada umumnya yang meliputi sejarah, nilai-nilai tradisional, budi pekerti, kepurbakalaan dan permuseuman pada khususnya.

Kegiatan Kemah Budaya dimaksudkan untuk mendekatkan museum, peninggalan sejarah dan purbakala kepada generasi muda, anak sekolah tingkat SMP dan SMA agar tercipta hubungan dialektis sehingga menumbuhkembangkan daya tarik dan minat untuk mencintai sejarah dan museum. Di samping itu sebagai upaya penguatan dan pengembangan apresiasi dan toleransi keragaman budaya bangsa. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai upaya penguatan dan pengembangan kebudayaan di kalangan generasi muda guna mendorong terbentuknya apresiasi dan toleransi atas keragaman budaya. Tujuan dari kegiatan adalah tersosialisasikannya tugas dan fungsi museum, peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala di DIY kepada generasi muda pelajar SMP dan SMA/K di DIY, serta penanaman nialai-nilai sejarah dan budaya bangsa untuk menciptakan ketahanan nasional guna memperkokoh identitas dan jati diri Bangsa. Tema kegiatan kemah budaya ini : "Nyalakan Semangat Kemandirian Generasi Muda Guna Memperkokoh Identitas dan Jati Diri Bangsa" . Kemah Budaya dilaksanakan di Balai Pengembangan Candi Prambanan dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 Juli 2017.


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/