Penanaman Nilai Tradisional, Sejarah, Kepurbakalaan dan Permuseuman bagi Peserta Kemah Budaya 2017

administrators 26 Juli 2017 13:00:27 373

DSC_7066

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY dan Kwartir Gerakan Pramuka DIY menyelenggarakan Kemah Budaya yang ke-11. Kegiatan dengan tema "Nyalakan Semangat Kemandirian Generasi Muda guna Memperkokoh Identitas dan Jati Diri Bangsa" diikuti oleh 250 orang peserta dari perwakilan pelajar SD, SMP & SMA, pembina dan pendamping pramuka (tingkat penggalang dan penegak di DIY). Kemah Budaya merupakan kegiatan pembinaan yang bersifat edukatif, inovatif, kreatif, produktif, menantang, dan rekreatif kepada generasi muda. Adapun materi yang disampaikan dari Kemah Budaya adalah berkaitan dengan budaya pada umumnya yang meliputi sejarah, nilai-nilai tradisional, budi pekerti, kepurbakalaan dan permuseuman pada khususnya. IMG_1936 Dalam pelaksanaanya, Kemah Budaya 2017 diisi dengan beragam kegiatan yang dilakukan dengan metode permainan, diskusi, ceramah, demonstrasi, simulasi, pengamatan, praktik, penugasan, seminar dan lokakarya dengan tujuan agar peserta dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya secara seimbang. Selama sepekan peserta kemah budaya 2017 yang digelar pada 21 s.d. 25 Juli 2017 di Bumi Perkemahan Pengembangan Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta Kemah Budaya mengikuti berbagai macam kegiatan, baik kegiatan indoor maupun outdoor yang bersifat prestasi dan juga non-prestasi, antara lain: 1) Enam belas giat prestasi, meliputi: Giat Prestasi Pembuatan Majalah Dinding; Giat Prestasi Menyanyi Bersama/ Koor; Giat Prestasi Membaca Puisi Perjuangan; Giat Prestasi Fotografi; Giat Prestasi Masakan Tradisional; Giat Prestasi Dekorasi Temanten Tradisional Jawa (Penjor); Giat Prsetasi Merangkai Peningset Pengantin; Giat Prestasi Macapat; Giat Prestasi Mendongeng; Giat Prsetasi Permainan Tradisional; Giat Prestasi Karnaval Budaya; Giat Prestasi Mengenal dan Memakai Pakaian Adat Jogja Beserta Peragaan Pakaian Adat; Giat Prestasi Asah Terampil Pewayangan; Giat Prestasi Menulis dan Membaca Huruf Jawa; Giat Prestasi Pidato Bahasa Jawa; Giat Prestasi K3 (Kebersihan, Kerapian, Keindahan). 2) Kunjungan Situs Sejarah di Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Kedulan. Di sana para peserta akan melakukan praktik lay out ekskavasi, penggambaran, susun coba (anastilosis), dan penjelasan tentang situs berdasarkan aspek historis dan arkeologis. 3) Menyaksikan bersama pertunjukan Sendratari Ramayana. 4) Kunjungan museum di Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Museum Kraton, dan Museum Sonobudoyo. 5) Kunjungan Sanggar Seni dan Kerajinan Desa Wisata Kasongan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 6) Sarasehan Budaya. 7) Talkshow kesejarahan, permuseuman, dan keperbukalaan. 8) Dialog dan diksusi kepramukaan. 9) Pentas budaya. 10) Pemutaran film sejarah dan kepurbakalaan.  


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/