PENOBATAN SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX TANGGAL 18 MARET 1940

administrators 18 Maret 2014 09:55:27 439

Penobatan-Sultan-HB-IX   Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada masa kecil bernama Gusti Raden Mas (GRM) Dorojatun. Lahir tanggal 12 April 1912 atau Sabtu Pahing, 25 Rabi'ul Akhir tahun Jimakir 1842 di Jl. Ngasem 13, kampung Sompilan, Yogyakarta (sekarang Jl. Pakuningratan). Ayahnya bernama Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puruboyo yang kemudian dinobatkan menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Sedang ibunya bernama Raden Ajeng (RA) Kustilah. Pada tanggal 22 Oktober 1939 Sri Sultan Hamengku Buwono VIII wafat, kemudian dimakamkan di Imogiri. Dengan wafatnya Sultan terjadilah kekosongan kekuasaan di Kasultanan Yogyakarta. Pada tanggal 26 Oktober 1939 berdasarkan musyawarah mufakat kerabat Keraton Kasultanan Yogyakarta GRM. Dorojatun disetujui sebagai engganti Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Tanggal 18 Maret 1940 GRM. Dorojatun dinobatkan sebagai Putra Mahkota Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Pangeran Adipati Anom Hamengku Negara Sudibya Raja Putra Narendra Mataram, selanjutnya dinobatkan sebagai Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan gelar Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senapati Ingalaga Ngabdurrakhman Sayidin Panatagama Khalifatullah Kaping IX. Dalam pidatonya yang pertama Sri Sultan HB IX menyatakan: "Sepenuhnya saya menyadari bahwa tugas yang ada di pundak saya adalah sulit dan berat, terlebih-lebih karena ini menyangkut mempertemukan jiwa Barat dan Timur agar dapat bekerja sama dalam suasana harmonis, tanpa yang Timur harus kehilangan kepribadiannya. Walaupun saya telah mengenyam pendidikan Barat yang sebenarnya, namun pertama-tama saya adalah dan tetap orang Jawa. Maka selama tak menghambat kemajuan, adat akan tetap menduduki tempat yang utama dalam Kraton yang kaya akan tradisi ini. Izinkan saya mengahkiri pidato saya ini dengan berjanji semoga saya dapat bekerja untuk kepentingan Nusa dan Bangsa sebatas pengetahuan dan kemampuan yang ada pada saya".


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/