Talk Show Radio 18 Agustus 2014 "Arti Kemerdekaan Dulu dan Sekarang"

administrators 29 September 2014 10:22:45 365

TALK-SHOW-18-AGUST-14-WEB Talk show merupakan salah satu kegiatan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam rangka mempublikasikan peran dan fungsi museum agar lebih dikenal oleh masyarakat. Salah satu media publikasi tersebut adalah radio. Pada tanggal 18 Agustus 2014, talk show radio bertema "Arti Kemerdekaan Dulu dan Sekarang". Narasumber yang juga menjabat sebagai ketua MGMP Sejarah SMP Kota Yogyakarta sekaligus guru SMP N 5 Yogyakarta, Drs. Arief Wicaksono menyampaikan bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan diawali dengan perlawanan yang bersifat kedaerahan akan tetapi perlawanan tersebut tidak berhasil. Dengan mulai dibukanya sekolah-sekolah oleh Belanda bagi kaum pribumi, maka muncullah kesadaran bahwa bangsa Indonesia harus memiliki jiwa dan semangat bersatu untuk melawan penjajah. Perjuangan panjang bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara yang merdeka mencapai puncaknya pada peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945. Adapun pada masa kini menurut Yollandaru Yoga Santika selaku narasumber dari Purna Paskibra Nasional 2014 menyatakan bahwa kemerdekaan memiliki arti kebebasan dari bangsa Indonesia menjadi Negara yang dikehendaki merdeka lahir dan batin. Cara untuk menanamkan jiwa dan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda adalah dengan cara memberi contoh/keteladanan serta melibatkan secara langsung. Selanjutnya H. Suryanto Pamuji selaku narasumber dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyampaikan bahwa untuk dapat mengisi kemerdekaan kita harus mengetahui jati diri bangsanya. Jati diri bangsa Indonesia dapat dilihat melalui koleksi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, dari sinilah akan muncul jiwa nasionalisme dan patriotisme.


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/