___VROUWENTEHUIS___ rumah buat perempuan yang telah jatuh dalam kesengsaraan

administrators 24 November 2016 10:28:32 338

vrouwentehuis1

Yogyakarta, November 2016. Seolah tiada henti mengulas koleksi Dr. Soetomo. Tokoh pendiri Budi Utomo yang lahir di Nganjuk-Jawa Timur pada 30 Juli 1888 memiliki sejuta cerita dibalik ratusan dokumen asli yang tersimpan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. "Doeloe pernah dikabarkan initiatief perh. Moehammadijah tjabang Soerabaja akan mengadakan seboeah vrouwentehuis anak-negeri, oentoek menolong perempoean-perempoean jang djatoeh lantaran djadi korbanja perdagangan perempoean" Penggalan kalimat tersebut merupakan salah satu berita yang dimuat di majalah mingguan Soloeh Rakjat Indonesia (2 November 1927). Majalah yang diterbitkan setiap hari rabu oleh Indonesische Studieclub-Soerabaja. Seperti diberitakan 89 tahun yang lalu, pada tanggal 1 November 1927 di rumah paseban di Mesigit Plein, dimana vergadering dikunjungi beberapa priyayi bersama isterinya. Salah satunya Toean Boepati yang menjabat pada saat itu dengan Raden Ayunya. Dr. soetomo selaku spreker (juru bicara) dalam forum tersebut. Tujuan didirikan vrouwentehuis adalah rumah buat perempuan yang telah jatuh dalam kesengsaraan (yang dimaksud adalah perempuan yang terjebak dalam dunia hitam). Dikhususkan di Surabaya, untuk memperbaiki citra bangsa dengan mengangkat derajat bangsa Djawa, dikatakan oleh Dr. Soetomo "Sebab Bangsa Europa mengukur derajatnya sesuatu bangsa dari Sarinah, Sarinem dan lain-lain hingga priyayi dan kaum terpelajar lainnya lantas dicampur derajatnya sebagai kaum rendahan". Sehingga keberadaan vrouwentehuis bisa membantu pada ketentraman negeri. Diceriterakan pula keadaan perempuan-perempuan saat itu oleh spreker kepada tuan Ziesel , seorang ambtenaar pensiunan yang mempunyai pengaruh besar di Buitenzerg. Diharapkan memberi nasehat agar dibicarakan dengan pembesar-pembesar negeri. Keberadaan urusan vrouwentehuis dibantu oleh sociaal werk (pekerjaan yang berguna bagi pergaulan hidup), Moehammadijah, perhimpunan kaum perempuan Poetri Boedi Sedjati (menangani dalam urusan keuangan).


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/