Workshop Reportase dengan tema sejarah oleh Dumus Museum Benteng Vredeburg di Museum Perjuangan Yogyakarta

 

 

Di akhir bulan November 2018 ini, Museum Perjuangan Yogyakarta yang merupakan Vredeburg Unit II bersama dengan Duta Museum Vredeburg, menyelenggarakan Workshop Reportase dengan tema sejarah. Kegiatan yang diinisiasi oleh Isye Dewi selaku duta museum ini diadakan atas keprihatinan akan kualitas pemberitaan di beberapa portal media terutama media online yang justru paling mudah disebarluaskan atau menjadi viral.

Acara yang diikuti oleh 40 peserta yang merupakan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Jogja ini menghadirkan dua orang narasumber yang merupakan jurnalis radio dan televisi. Adalah Benni Listiyo, Station Manager Radio Sonora FM Yogyakarta dan Radio Smart FM Yogyakarta sebagai narasumber pertama’, dan Rina Maulita, jurnalis RBTV sebagai narasumber kedua.

Benni dalam paparan menyampaikan, agar rekan-rekan mahasiswa kedepan menjadi jurnalis handal dan bukan abal-abal, karena dunia jurnalistik adalah dunia yang menarik dan jurnalisme radio akan terus berkembang sesuai revolusi industri.

Para peserta dengan antusias berebut bertanya. Bahkan hingga sesi praktik liputan, peserta antusias menyimak dan aktif bertanya.

Kegiatan yang diawali sambutan dari koordinator museum ini merupakan kegiatan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesi workshop diakhiri dengan tour museum dimana para peserta juga tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di spot-spot menarik di lokasi, dan praktik langsung pembuatan program liputan sejarah.

 

 

Leave a Comment