Vredeburg Ramaikan Peringatan Hari Batik di SD Tumbuh 2 Yogyakarta

IMG_1386 IMG_1370

Yogyakarta, SD Tumbuh 2 Yogyakarta menggandeng Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada kegiatan perayaan Hari Batik Nasional dan Hari Museum Nasional di SD Tumbuh 2 pada Kamis (12-10-2017).

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyambut baik tawaran tersebut, Tim Kurator yang diketuai oleh Aryani Setyorini, SS, MA menampilkan profil dan sejarah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Pameran yang berlangsung selama satu hari di Kompleks Jogja National Museum Jl. Amri Yahya No.1, Gampingan Yogyakarta ini mampu menarik perahatian pengunjung yaitu siswa-siswi SD Tumbuh dan sekitarnya. Terlebih teka-teki nama pahlawan pada mata uang kertas menjadi media pengenalan efektif para pejuang Indonesia.

Dengan menampilkan specimen uang kertas pahlawan Diponegoro, Cut Nyak Dien, Kapitan Pattimura, Soekarno,dan Sri Sultan HB IX pengunjung diminta menebak nama pahlawan pada soal 1 s/d 5, apabila benar specimen uang kertas dengan gambar jawaban soal tersebut diberikan untuk pengunjung sebagai kenang-kenangan. Tidak sedikit pengunjung yang bisa menjawab dengan benar, artinya jiwa nasionalisme tertanam baik di generasi penerus bangsa ini.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran karya “Batik” di galeri, stand paguyuban, bazzar makanan dan produk, penampilan dari siswa TK, pemutaran video promosi batik, edukasi tentang “Museum di Daerah Istimewa Yogyakarta” juga disampaikan oleh Dinas Kebudayaan DIY.

IMG_1355 IMG_1343 IMG_1325 IMG_1321 IMG_1320 IMG_1315

Leave a Comment