Visitasi Dikpim IV Grobogan , Meningkatkan Rasa Bela Negara dan Cinta Tanah Air Melalui Museum

 

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.  Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini merupakan pengembangan kompetensi manajerial bagi PNS yang telah menduduki Jabatan Pengawas (eselon V) guna memenuhi standar kompetensi jabatan sesuai dengan jenjang jabatannya.

Sesuai Program Kurikulum Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, pada beberapa mata diklat, yaitu “Pilar-Pilar Kebangsaan dan Integritas”, dimana peserta didampingi Widyaiswara/pengajar dan panitia diwajibkan melakukan visitasi/kunjungan ke lokasi bersejarah.

Sebanyak 40 peserta Diklat melakukan kegiatan visitasi ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada hari Selasa 27 Maret 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa bela negara dan cinta tabah air. Kunjungan ini disambut baik oleh Dra. Zaimul Azzah, M.Hum selaku Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Paparan dan diskusi bersama pengelola Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang dalam kesempatan ini V. Agus Sulistyo, S.Pd, MA mewaliki pengelola museum. Waktu kurang dari empat jam tidak hanya dihabiskan di ruang audiovisual, tentunya peserta diklat mendapat kesempatan mengunjungi dan belajar sejarah melalui diorama-diorama dan koleksi museum yang dipamerkan di tata pamer Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Diharapkan visitasi ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat menumbuhkan rasa integritas dan wawasan kebangsaan yang mampu menghasilkan suatu produk pembelajarab yang menunjukkan empat pilar kebangsaan dan mampu mengaktualisasikan integritas pribadinya dalam mengelola pelaksanaan kegiatan di instansinya masing-masing.

Leave a Comment