Talkshow TV- Ambassador “Museum Sebagai Sarana Berkreasi dan Wadah Komunitas”

Latar belakang bekerja di media, membuat salah satu fokus program Ambassador Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta adalah menyelenggarakan talkshow televisi dan radio. Dalam periode tahun 2018 ini, telah diselenggarakan satu kali talkshow radio dan belum lama adalah talkshow televisi. Talkshow yang mengambil tema ‘ Museum Sebagai Sarana Berkreasi dan Wadah Komunitas’ ini dilakukan di studio RBTV Kompleks Grha Amikom Unit 1 Lantai 3. Hadir sebagai narasumber adalah Ibu Muri Kurniawati, S.IP, MA yang juga merupakan edukator Museum Benteng Vredeburg dan Ahmad Zaenudin seorang Ketua Komunitas teater di Jogja. Bertugas selaku pembawa acara adalah Ambassador Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Sebagai komunitas yang berkegiatan di museum, Ahmad Zaenudin mengatakan bahwa Vredeburg merupakan museum yang pengunjungnya sangat ramai, dan dia berharap pengunjung juga terinspirasi oleh perjuangan para pahlawan. Muri Kurniawati menambahkan, ‘ Sesuai dengan fungsinya, museum ada dua yaitu museum umum dan khusus, dan museum Benteng Vredeburg adalah museum khusus sejarah perjuangan bangsa. Karenanya, sangat diharapkan masyarakat dapat belajar banyak dari museum.’

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga mewadahi para komunitas yang berkegiatan di museum Benteng Vredeburg dengan merangkul mereka dalam Fokus, yaitu forum komunitas. Komunitas – komunitas ini pun diberikan ruang untuk berekspresi, diantaranya dalam kegiatan Vredeburg Fair, komunitas disediakan stand untuk dapat memamerkan kegiatannya.

Dalam talkshow yang berlangsung selama 30 menit ini, juga diputarkan video teaser kegiatan teatrikal komunitas Jogjakarta 45.

(rep:Isyedewi)

Leave a Comment