Senam Pagi di Museum Benteng Vredeburg

Selama 8-9 jam sehari karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menghabiskan waktunya bekerja di kantor. Waktu tersebut lebih sering dihabiskan untuk duduk lama dibalik meja kerjanya, hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis.

Sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor.

Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Pimpinan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sangat mengapresiasi kegiatan olah raga di museum, meski tidak bisa dilakukan setiap hari tetapi olahraga yang dilakukan setiap hari Jum’at ini bisa melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas selama satu pekan.

Jenis olah raga senam pagi dipilih pihak museum setiap minggunya. Gerakan-gerakan sederhana ini dapat berperan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otot sehingga terasa lebih sehat dan lebih siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

Senam bersama tidak hanya diikuti karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta saja, pengunjung museum juga dilibatkan disini. Ajakan pengelola museumpun disambut baik pengunjung. Sebagai penutup peserta senam mendapat kudapan sehat ala museum.

Leave a Comment