Saka Bhayangkara DIY 2017 Digelar di Museum Benteng Vredeburg

YOGYAKARTA, Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2017 resmi digelar di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pagi ini (25-10-2017). Di halaman dalam Museum dipadati ratusan peserta berseragam pramuka. Mereka terbagi atas lima cabang kontingen Saka Bhayangkarta se-DIY.

Saka Bhayangkara merupakan gerakan Pramuka yang ditujukan para pelajar, di bawah naungan Polri. Acara Gelar Potensi Saka Bhayangkara 2017 dilaksanakan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda dengan mengambil tema “Saka Bhayangkara Berani Bersatu Dijiwai Tri Satya dan Dasa Dharma”.

Serangkaian acara diawali dengan upacara pramuka yang dipimpin oleh Kapolda DIY, turut hadir Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X, dari Kwarda DIY, Disdikpora DIY, Kapolres se-DIY dan jajaran tamu undangan dari pemerintah Provinsi DIY lainnya. Pelepasan lima ekor burung merpati oleh Kapolda dan Sri Paduka Paku Alam X beserta jajaran tamu undangan menjadi simbol telah resmi dibukanya kegiatan Saka Bhayangkara DIY 2017.

“Dari masing-masing kontingen menampilkan unjuk kebolehan yang disaksikan tamu undangan dan 300 peserta Saka Bhayangkara. Kegiatan ini merupakan wujud dari pendidikan karakter yang diberikan pada pelajar SMA. Harapannya Saka Bhayangkara semakin dikenal dan banyak yang berminat untuk bergabung, sehingga bisa menyiapkan generasi muda yang berkarakter dan taat hukum” tutur Pembina Saka Bhayangkara DIY, Sinungwati, SH.

Harapannya kegiatan positif Saka Bhayangkara harus ditingkatkan agar masyarakat mendapatkan manfaatnya dan semakin luas peserta yang terlibat, tidak hanya tingkat se-DIY tetapi bisa bertaraf Nasional.

Leave a Comment