PLS menyisihkan MOS di Tahun 2016, Peran Museum terhadap Peserta PLS

9mopd2016

Pedoman Masa Orientasi Siswa ini telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri (Permendikbud) Nomor 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah. Pada tahun 2016 ini istilah MOS akan digantikan dengan nama Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Dengan adanya perubahan nama tersebut, diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat luas mengenai pelaksanaan MOS dahulu yang dikenal dengan banyaknya perpeloncoan dan banyak terjadi pelanggaran.

Untuk mengisi kegiatan dari Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sejumlah sekolahan di Yogyakarta mengajak siswa barunya untuk mengunjungi museum. Ini dimaksudkan agar siswa lebih mengenal museum di Yogyakarta. Selain itu, siswa juga diharapkan akan memperoleh pengetahuan sejarah, budaya, dan berbagai hal terkait museum yang dikunjungi.

14mopd2016 13mopd2016

 

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan museum terfavorit yang dikunjungi. Disini siswa bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Selain tempatnya yang luas dapat menampung ribuan pengunjung, kenyamanan dan keramahan para pemandu museum menjadi daya tarik tersendiri sehingga Museum Benteng Vredeburg banyak dilirik pihak sekolah.

 

8mopd2016 6mopd2016 4mopd2016 3mopd2016

 

Leave a Comment