Pendokumentasian Koleksi Abad 18 Peninggalan Bawah Air Hibah PCBM

Yogyakarta, 12 Desember 2017. Dipenghujung tahun 2017 ini tak menyurutkan semangat pengelola Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Pagi ini meski cuaca mendung dan hujan mengguyur dari kemarin, tim teknis Museum Benteng Vredeburg sibuk dengan aktivitas mereka. Salah satunya kesibukan pemangku jabatan Pengadministrasi Koleksi dengan didampingi kurator, penata dokumen, dan registrar sedang melakukan kegiatan pendokumentasian koleksi.

Pendokumentasian koleksi ini merupakan salah satu tahapan dari kegiatan inventarisasi koleksi. Koleksi yang didokumentasikan kali ini berupa koleksi 10 piring biru putih motif flora/jamur diperkirakan dari Abad ke-18. 10 koleksi piring tersebut merupakan bagian dari 100 buah keramik peninggalan bawah air hasil pengangkatan dari situs perairan Selat Gelasa, Provinsi Bangka Belitung hibah dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Berita Acara Serah Terima Benda Peninggalan Bawah Air No. 1663/E2/CB/2017.

10 koleksi piring biru putih motif flora/jamur ini difoto dengan skala, dicatat kondisi fisiknya sebagai acuan dasar sebelum dimasukkan ke dalam basis data koleksi dan mendapatkan nomor inventaris koleksi. Melalui proses inilah sebuah koleksi menjadi mudah untuk diakses baik data maupun fisiknya.

Leave a Comment