Pameran Bersama “Olahraga dari Masa ke Masa Sebagai Penguat Karakter Bangsa”

Palembang, Indonesia mulai mengenal olahraga sejak lama, bahkan sejak zaman prasejarah. Hanya saja kegunaan dan olahraga pada waktu itu berbeda dengan zaman sekarang. Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Perkembangan olahraga di Indonesia merupakan bagian dari sejarah panjang dengan segala dinamikanya. Olahraga dari masa ke masa telah memberikan warna dalam setiap episodenya baik cara, tujuan dan kegunaan. Olahraga telah memberikan kontribusi yang nyata kepada bangsa Indonesia sebagai alat perjuangan dan pemersatu bangsa Indonesia untuk menegakkan Negara Republik Indonesia.

Pentingnya peran olahraga bagi kehidupan manusia dari masa ke masa inilah mendorong UPT Museum di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menyelenggarakan pameran kesejarahan dengan tema “Olahraga Dari Masa ke Masa Sebagai Penguat Karakter Bangsa”.

Pameran yang berlangsung selama satu bulan ini dari 31 Juli-30 Agustus 2018 di Gedung Pameran Temporer Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Palembang ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi muda mengenai arti penting dan peran olahraga sebagai media penguat karakter bangsa.

Sengaja Pameran Bersama UPT Museum di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
ini digelar dalam rangka menyambut ASIAN GAMES 2018, dengan peserta pameran dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Museum Nasional Indonesia, Museum Kepresidenan Balai Kirti, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Museum A.K. Gani dan Balai Arkeologi Palembang.

Adapun koleksi yang dipamerkan berupa koleksi realia, replika, lukisan dan foto-foto pendukung peristiwa bersejarah besar bidang Keolahragaan. Tidak luput digelar juga beberapa kegiatan pendukung pameran, diantaranya Seminar, Workshop, Belajar Bersama di Museum, Lomba Mewarnai&melukis, dan Pentas seni

Leave a Comment