Melalui Jelajah Museum, Kegiatan Cinta Tanah Air Dan Bela Negara (Patriotisme) Ditanamkan bagi Peserta Kemah Budaya 2018

 

Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang baik serta sanggup bertanggungjawab mengisi kemerdekaan. Sasaran kepramukaan adalah mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa pancasila, disiplin, sehat mental dan fisiknya, berjiwa patriot berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggungjawab, peduli dan komitmen terhadap kode kehormatan pramuka.

Generasi muda merupakan salah satu bagian dari generasi penerus yang potensial untuk mewarisi nilai-nilai luhur budaya bangsa untuk kemudian meneruskannya kepada generasi muda yang lain. Sebab di dalam jiwa seorang pemuda tertanam semangat patriotisme serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya.

Melalui program Kemah Budaya XII Tahun 2018 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan BPCB DIY, BPNB DIY dan Kwartir Gerakan Pramuka DIY menyelenggarakan Kemah Budaya dengan peserta perwakilan pelajar SMP&SMA, pembina dan pendamping pramuka (tingkat penggalang dan penegak di DIY).

Berbagai kegiatan terbagi dalam berbagai bidang, diantaranya kegiatan umum, kegiatan cinta tanah air dan bela negara (patriotisme), kegiatan ketrampilan hidup dan seni tradisi, dan kegiatan pengamalan pancasila dan adat istiadat bangsa.

Salah satu bentuk kegiatan cinta tanah air dan bela negara (patriotisme) diwujudkan dalam kegiatan jelajah museum ke Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Jum’at 27 Juli 2018)

Keberadaan museum sangat berperan dalam pelestarian dan pengembangan nilai-nilai tersebut bagi generasi muda dan masyarakat. Dalam kaitannya dengan nilai tambah museum, maka museum sebetulnya berperan sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa agar generasi muda selalu berpegang kepada identitas dan jati diri bangsanya. Identitas dan jati diri bangsa dapat dikenal dan dihayati melalui pemahaman terhadap koleksi benda-benda peninggalan sejarah dan budaya di museum.

Leave a Comment