Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD)- Ingatkan Sejarah pada Mereka

Tahun ajaran baru  kembali dimulai, sekolah kembali disibukkan dengan pendaftaran siswa/siswi baru. Adek – adek SMP, SMA/SMK, & SLB juga mulai beradaptasi dengan sekolah barunya masing – masing.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMPdan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Salah satu kegiatan dalam MPLS adalah mengunjungi tempat-tempat objek wisata yang menjadi salah satu pengenalan lingkungan dan juga pembelajaran bagi siswa/siswi peserta didik baru. Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi oleh sekolah-sekolah yang berada di Yogyakarta, ada banyak sekolah yang menjadikan Museum Benteng Vredeburg menjadi tempat kunjungannya dalam rangka MPLS untuk siswa/siswi didik baru, diantaranya adalah, SMK N 1 Yogyakarta, SMP N 1 Prambanan, SMA Muhammadiyah sayegan,
SMP Muhammadiyah 2 Mlati, dan SLB Negeri 1 Bantul.

Leave a Comment