“Lestari Budayaku Bersatu Bangsaku” Pameran Sejarah dan Budaya Indonesia di Temanggung

Dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Museum Nasional Indonesia, Museum Kepresidenan Balai Kirti, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, dan Bappeda Kabupaten Temanggung menggelar Pameran Sejarah dan Budaya.

Pameran Sejarah dan Budaya ini mengusung tema “Lestari Budayaku Bersatu Bangsaku” akan digelar selama lima hari dari tanggal 24-28 Agustus 2018 pada jam kunjung 08.30-16.00WIB di Pendopo Pangayoman Temanggung. Pameran ini menampilkan koleksi realia dan replika serta foto-foto pendukung peristiwa sejarah dan budaya milik museum-museum dan UPT lain yang menjadi peserta pameran.

Rosyid Ridlo selaku edukator Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merangkap ketua panitia pameran ini menyampaikan “Sasaran utama dari kegiatan ini adalah generasi milenial yang berada di Temanggung dan sekitarnya, dengan harapan akan menumbuhkan kesadaran Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya dan mereka (generasi muda) mampu mengenang kembali jasa-jasa para pejuang serta pahlawan dalam merebut kembali kemerdekaan”.

Adapun rangkaian kegiatan pendukung pameran berupa Talkshow tanggal 24 Agustus 2018, Bedah Film tanggal 25 Agustus 2018, Bedah Buku tanggal 25 Agustus 2018, Pentas Seni tanggal 24-28 Agustus 2018, Pemutaran Film Bioskop Keliling tanggal 26 Agustus 2018 dan Talkshow Mengenal Cagar Budaya tanggal 27 Agustus 2018.

Beberapa kesenian unik dan langka akan ditampilkan selama pameran berlangsung, diantaranya Gedruk Setyo Budaya, Kobro Siswa Binasiswa, Reog Krido Utomo, Kuda Lumping Turonggo Seto, Sandul Sentiko Buwono, dan Calung.

 

Leave a Comment