Konferensi Pers Pekan Pendidikan Jogja-Wartawan Penasaran

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap Tanggal 2 Mei 2009 untuk menghormati  jasa pahlawan pendidikan  yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara.

Siang hari ini (Selasa, 17 April 2018) berlangsung konferensi pers di ruang Audiovisual Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Mengundang 15 wartawan dari media cetak, media elektronik dan media online. Dengan menghadirkan Dr. Dra.  Daswatia Astuty, Kepala PPPPTK Matematika selaku ketua panitia dan di damping Dra. Zaimul Azzah, M.Hum selaku Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan Kepala UPT peserta Pekan Pendidikan Jogja atau yang mewakilinya.

Dalam Peringatan Hardiknas tahun 2018  sesuai dengan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 16061/A.A6/TU/2018 tanggal 22 Maret 2018 maka semua  UPT Kemdikbud di Provinsi DIY melaksanakan Peringatan Hardiknas 2018 secara serentak.

Kegiatan ini juga melibatkan 10 UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di DIY, IKAPI dan SEAMEO for QITEP  in Mathematics suatu lembaga  regional  dibawah dan bertanggung  jawab kepada Sesjen Kemdikbud, dan Komunitas Pesta Pendidikan. Kegiatan Pekan Pendidikan Jogja dilaksanakan pada tanggal 21–27 April 2018 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan Taman Pintar Yogyakarta.

Mengusung Tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” Pekan Pendidikan Jogja ini menyelenggarakan rangkaian kegiatan diantaranya: Pameran dari 10 UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di DIY yang diselenggarakan di teras Diorama II Museum benteng Vredeburg Yogyakarta yang berlangsung pada 21-27 April 2018; Upacara Bendera peringatan Hardiknas dan Ziarah di Makam Ki Hajar Dewantara Wijayabrata Tamansiswa pada 2 Mei 2018; Bazar Buku oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) terdiri dari 8 penerbit yang berlangsung pada 21-27 April 2018 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta; Pameran Pendidikan yang diikuti oleh sekolah, komunitas Pesta Pendidikan, dan Komunitas pemerhati pendidikan lainnya akan berlangsung pada 21-23 April 2018 di Taman Pintar Yogyakarta; Pemutaran Film Pendidikan Dan Bioskop Keliling; Gelar Seni Dan Budaya; Ngobrol Publik yang membahas tentang isu-isu sosial pendidikan dan  budaya terkini dengan tujuan untuk memberikan pemaparan komunitas dan mengajak peran publik untuk berpartisipasi dalam pembahasan materi yang telah ditentukan berlangsung pada 21-26 April 2018.

Konferensi pers berlangsung selama kurang lebih satu jam, penjelasan mengenai Pekan Pendidikan Jogja dan sederet rangkaian kegiatan disinggung Daswatia Astuty. Sedikit menambahkan Zaimul Azzah mengenai lokasi pelaksanaan kegiatan. Beberapa pertanyaan juga dilontarkan oleh wartawan yang penasaran dengan kegiatan peringatan Hardiknas ini.

DCIM100GOPROGOPR0339.JPG

DCIM100GOPROGOPR0341.JPG

DCIM100GOPROGOPR0343.JPG

DCIM100GOPROGOPR0344.JPG

 

Leave a Comment