Kemah Budaya XII Tahun 2018 “Melalui Literasi Budaya Kita Wujudkan Bangsa yang Cerdas dan Berkarakter Sebagai Wujud Kokohnya Jati diri Bangsaku”

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan BPCB DIY, BPNB DIY dan Kwartir Gerakan Pramuka DIY menyelenggarakan Kemah Budaya dengan peserta perwakilan pelajar SMP&SMA, pembina dan pendamping pramuka (tingkat penggalang dan penegak di DIY). Meningkatkan sikap disiplin, tertib, memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme merupakan tujuan yang ingin dicapai.

Secara keseluruhan kegiatan yang dikembangkan dalam Kemah Budaya XII Tahun 2018 lebih dititikberatkan pada bidang pengembangan diri Pramuka yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat dalam upaya pengenalan, penguatan, dan pengembangan kebudayaan di kalangan generasi muda.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan outdoor dan indoor untuk mendorong terbentuknya apresiasi dan toleransi atas keragaman budaya bangsa serta dipadukan dengan kegiatan prestasi yang terbentuk lomba guna menambah khasanah dan motivasi berkegiatan.

Melalui beberapa kegiatan hari ini (26 Juli 2018) peserta pramuka berkegiatan pra-pembukaan diantaranya karnaval, lomba majalah dinding, lomba menghias penjor.

Kemah Budaya XII tahun 2018 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pengembangan Candi Prambanan pada tanggal 26-30 Juli 2018 menggunakan metode yang beragam, sehingga peserta lebih dapat merasakan, mempelajari, menghayati, dan mendalami materi-materi yang disampaikan.

Kegitan dibagi menjadi beberapa bidang sesuai dengan muatan materi yang terkandung di dalamnya, dengan harapan peserta mendapatkan beragam kegiatan sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati dirinya dan setelah mengikuti kegiatan peserta akan mendapatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru serta dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Berbagai kegiatan terbagi dalam berbagai bidang, diantaranya kegiatan umum, kegiatan cinta tanah air dan bela negara (patriotisme), kegiatan ketrampilan hidup dan seni tradisi, dan kegiatan pengamalan pancasila dan adat istiadat bangsa.

Kemah Budaya XII Tahun 2018 resmi dibuka pada hari Kamis 26 Juli 2018 di Bumi Perkemahan Pengembangan Candi Prambanan oleh Sekretaris Ditjen Kebudayaan Dra. Sri Hartini, M.Si dan dihadiri oleh kepala UPT terkait dan tamu undangan.

Leave a Comment