Jeruk Nipis terbukti Ampuh  Menghilangkan Korosi Koleksi

Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah. Sebuah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan. Museum  berfungsi untuk menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.

Adapun salah satu upaya pelestariannya dengan merawat koleksi agar tetap dalam kondisi sehat terbebas dari penyakit, mengingat koleksi merupakan benda berharga dan sudah berumur maka pemeliharaannya harus sangat hati-hati agar umur dan kelestariannya tetap terjaga.

Konservator museum mempunyai tanggung jawab sepenuhnya terhadap kondisi koleksi, hal tersebut juga tak lepas keterlibatannya dengan pengelola museum yang lain.

Agar terpelihara dengan baik, perawatan rutin harus dilakukan, jangan menunggu koleksi sakit baru dilakukan perawatan. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta telah menerapkan metode ini, setiap hari senin konservator memanfaatkan hari libur kunjungan museum ini untuk perawatan koleksi.

Senin (23 Juli 2018) konservator dengan dibantu tim teknis yang sudah terlatih melakukan konservasi kuratif terhadap koleksi replika keris, pedang dan tombak berbahan logam. Metode yang dilakukan dengan menggunakan bahan alami jeruk nipis dan air kelapa. Jeruk nipis terbukti mampu membersihkan bahan-bahan logam dari karat, begitu pula dengan air buah kelapa tanpa merusak koleksi.

Leave a Comment