Jelajah Malam Museum #5 Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan komunitas malam museum menggelar kegiatan Jelajah Malam Museum. Kegiatan dengan melibatkan hampir keseluruhannya anak muda ini merupakan kegiatan kelima di tahun 2018. Tetapi tidak menutup kesempatan bagi semua usia dewasa, terbukti ada peserta yang telah berusia lebih dari 60 tahun dan telah memasuki masa pensiun juga ikut mendaftarkan diri menjadi peserta jelajah malam museum.

Antusias pesertapun selalu membludak sedangkan pihak penyelenggara membatasi kuota peserta. Kegiatan yang digelar pada tanggal 13 Mei 2018 sebanyak 100 peserta menikmati keseruan menjelajahi museum dimalam hari. Dikemas dengan game yang apik, peserta yang terbagi atas beberapa kelompok menyelesaikan tugas yang diberikan panitia. Berkompetisi sehat dalam menyelesaikan tugas, dan pemahaman sejarah Indonesia lebih mudah terserap bagi mereka.

Menjadi acara yang dinanti-nanti warga masyarakat jogja dan sekitarnya, tak jarang peserta dari magelang dan klaten juga ikut tergabung disini. Peserta melakukan kegiatan diawali dengan registrasi pada pukul empat sore dan berjelajah museum hingga pukul Sembilan malam.

Tak hanya berjelajah dimuseum pada malam hari, peserta juga berkesempatan mendengarkan lantunan musik khas Sulawesi Selatan, penampilan dari mahasiswa ISI Yogyakarta. Penanaman nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia juga kebudayaan dapat teralirkan untuk masyarakat melalui kegiatan Jelajah Malam Museum.

Leave a Comment