Jelajah Malam Museum #2 Menolak 180 Calon Peserta

Vredeburg (10 Maret 2018) Hari sabtu kedua berjelajah museum di malam hari. Hadir dalam suasana berbeda berkunjung di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta di malam minggu. Kunjungan ini bukan merupakan kunjungan biasa, jumlah peserta yang terbatas dan bisa menikmati suasana museum sambil belajar sejarah hingga malam hari.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bekerjasama dengan Komunitas Malam Museum menyelenggarakan kegiatan “Jelajah Malam Museum ke-2” di bulan Maret 2018 ini. Sebuah konsep pengenalan dan pemahaman sejarah yang dikemas dalam beberapa game edukatif yang menarik serta menantang peserta.

Diikuti 150 peserta yang telah mendaftar beberapa hari sebelumnya, bahkan sekitar 180 calon peserta lain terpaksa ditolak karena kuota peserta terbatas. Respon yang sangat baik dari kalangan generasi muda menyambut kegiatan ini. Salah satu cara pengenalan dan pemahaman sejarah yang tidak monoton ini sangat digandrungi generasi muda yang selalu menggenggam gadget kemanapun mereka melangkah. Terbukti semua peserta yang mendaftar diwajibkan follow/mengikuti akun instagram dan wajib memposting dan tag/menandai @museum.benteng.vredeburg sebelum melakukan registrasi. Mereka mengistilahkan “No post, No reg!”.

Keseruan mereka diawali dari siang hari registrasi “No post-No reg!” dag dig dug mencari sinyalpun karena terhalang oleh dinding bangunan kolonial yang tebal dan tinggi. Mereka terbagi atas beberapa kelompok dan menjadi tim dalam memecahkan permainan. Tentunya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan permainan ini semua ada di Diorama I-IV Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Melalui pencarian jawaban inilah peserta menjadi tau sedikit banyak sejarah Indonesia.

Program serupa direncanakan akan digelar sebanyak 10 kali dalam satu tahun 2018.

Leave a Comment