Indische Cafe, Pengganti Barak Prajurit

barak prajurit barat      Denah-MBVY

Klasik dan elegan. Suasana yang tepat dan ditempat yang tepat, Indische Koffie menjadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan senja, apalagi ditambah dengan orang yang tepat. Memanfaatkan eksterior pada bangunan sebagai ruang outdoor pada kafe, dan penataan interior dengan gaya tempo dulu pada bangunan, merubah dengan apik dari fungsi bangunan sebelumnya. Barak Prajurit bagian Barat.

Gedung barak prajurit (Gedung D) merupakan gedung yang berdampingan dengan gedung pengapit selatan, dimana bangunan ini diperkirakan berdiri setelah pembangunan gedung pengapit. Bentuk arsitektur pada bangunan ini cenderung fungsional (dalam hal ini dapat menampung orang banyak). Pada bangunan ini, bentukan arsitektur masih mengadaptasi bentuk bangunan Transitional Dutch Indies Country Houses atau juga dikenal dengan Nederlands-Indische stijl yang muncul pada tahun 1750-1800, dengan karakeristik bangunan struktur dua lantai, fasad dilindungi dari radiasi matahari dan lantai atas biasanya dicapai dengan tangga eksternal.

Ornamentasi pada bangunan D relatif hampir tidak ada, baik berupa hiasan maupun penyelesaian elemen secara halus. Terdapat sedikit hiasan pada bagian tangga yang terdapat pada ujung-ujung kolom dan balustrade pada tangga

Gedung barak prajurit barat dilakukan dua kali proses pemugaran. Pemugaran pertama dilakukan pada tahun 1986/1987, yaitu pemugaran pada lantai atas barak prajurit. Sedangkan pada pemugaran lantai bawah dan lingkungannya, dilakukan pada tahun 1988/1989.

Bangunan barak prajurit barat terdiri dari dua lantai. Lantai bawah terdiri satu ruang luas dan empat ruang kecil. Dua ruang kecil di selatan di lantai bawah diperkirakan merupakan fasilitas barak bagian bawah karena posisinya menyatu dengan ruang lantai bawah. Sedangkan dua ruang kecil di utara diperkirakan sebagai ruang pengawasan perwira jaga, karena ruang-ruang tersebut terpisah dengan barak. Dalam perkembangannya fungsi bangunan ini tidak mengalami perubahan. Pada saat ini, bangunan barak prajurit difungsikan sebagai kafe di ruang bawah dan ruang pameran di lantai atas.

Leave a Comment