Sepekan Sajian Spesial untuk Pengunjung Pelajar Vredeburg Fair 2017

vfair2   vfair6

Yogyakarta, 16 Oktober 2017 hari terakhir pelaksanaan kegiatan Vredeburg Fair 2017 berlangsung. Event tahunan terbesar ini rutin terselenggara sebagai peringatan Hari Museum Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober.

Selama sepekan (11 s/d 16 Oktober 2017) Museum Benteng Vredeburg bekerjasama dengan 11 Museum di seluruh Indonesia dan 31 komunitas penggiat seni menggelar pameran dan bazar di halaman dalam Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Pengerahan siswa pelajar diwilayah Daerah Istimewa Yogyakarta juga dilakukan tim Vredeburg Fair 2017 bekerjasama dengan pemerintah setempat. Para siswa selain mendapat kesempatan belajar sejarah Budaya Nasional Indonesia melalui kunjungan pameran juga beberapa siswa mewakili pelajar Yogyakarta berkesempatan Belajar Bersama Museum (GEMA Museum) dan mengikuti workshop kerajinan dan kesenian.

vfair9 vfair7

GEMA Museum merupakan kemasan baru kegiatan pendukung Vredeburg Fair 2017, dengan melibatkan peserta dari pelajar dan pengajar dari museum-museum peserta pameran Vredeburg Fair 2017. Dalam program kegiatan ini peserta diajak mengenal lebih dekat dan menambah wawasan seputar museum terkait. Dikemas dengan suasana informal dengan diskusi ringan sebagai interaksi pemapar dan peserta menjadikan satu jam terasa sangat cepat. Setiap harinya selama sepekan kegiatan ini melibatkan 50 peserta dari dua sekolah dan dua museum peserta pameran Vredeburg Fair 2017, kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.30-10.30WIB di ruang audiovisual Museum Benteng Vredeburg.

vfair10 vfair8 vfair5 vfair4 vfair

Kegiatan selama dua jam tersebut terbagi atas dua sesi, yang pertama sesi GEMA Museum dan dilanjutkan dengan Workshop Kerajian oleh komunitas penggiat seni dengan peserta yang sama. Komunitas penggiat seni tersebut keseluruhan juga ikut meramaikan Vredeburg Fair 2017 dengan keikutsertanya mengisi stand pameran seni dan kuliner.

Harapannya kegiatan ini sebagai terwujudnya pelayanan edukasi yang menyenangkan di museum.

Leave a Comment