Rencana Strategis Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Tahun 2015 – 2019

2016_LAKIP_MBVY_page94_image1

Kewajiban bagi pimpinan kementerian / lembaga untuk menyusun rencana strategis (renstra) yang sesuai dengan tugas dan fungsi kantor / lembaga masingmasing, serta merupakan penjabaran visi dan misinya dalam rangka mencapai sasaran secara menyeluruh. Hal itu sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2010 tentang RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2010-2014. Juga Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional.

Keberadaan Rencana Strategis Kantor / Lembaga (Renstra – K/L) sangat diperlukan. Hal itu untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, serta terjaminnya wujud penggunaan sumber daya yang ada secara efesien, efektif dan akuntable. Dengan demikian akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban kinerja dapat terwujud.  Oleh karena itulah, dalam rangka pencapaian sasaran 5 (lima) tahun kedepan (2015-2019), Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyusun Rencana Strategis Tahun 2015-2019.

Hal itu sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), bahwa dalam rangka mewujudkan akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban kinerja, kantor / lembaga diwajibkan menyusun Rencana Strategis.  Selain itu, Renstra ini disusun sebagai upaya mengembangkan tugas dan fungsi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penyusunan Renstra ini merupakan wujud komitmen yang dipedomani serta dilaksanakan. Dalam Renstra ini, didefinisikan tujuan, sasaran, strategi, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kurung waktu 5 (lima) tahun ke depan. Dokumen Renstra ini juga menjadi instrumen pokok dalam rangka peningkatan pengawasan dan akuntabilitas aparatur negara.

Berikut tautan Rencana Strategis Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Tahun 2015 – 2019

Naskah Renstra 2015-2019 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Leave a Comment